5 Fakta Kemenangan Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023

Akhirnya raih gelar World Tour pertamanya

Satu gelar juara berhasil dibawa pulang Indonesia dari ajang Syed Modi India International 2023. Gelar tersebut datang dari sektor ganda campuran lewat pasangan nonpelatnas, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Dejan/Gloria yang diunggulkan di posisi kedua sukses berdiri di podium tertinggi usai memenangkan laga final kontra wakil Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo. Mereka menang atas unggulan kelima tersebut dengan skor 20-22, 21-19, dan 25-23 dalam waktu 95 menit.

Terdapat sederet fakta menarik tentang kemenangan Dejan/Gloria kali ini. Berikut lima fakta kemenangan Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023.

1. Gelar pertama pada tahun 2023

5 Fakta Kemenangan Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Gelar Syed Modi India International 2023 ini menjadi gelar pertama Dejan/Gloria pada 2023. Sebelumnya, langkah mereka kebanyakan terhenti pada babak pertama dan kedua. Mereka sempat mencapai babak final turnamen super 100 bertajuk Kaohsiung Masters 2023. Namun, mereka harus puas menjadi runner-up setelah tumbang pada babak final.

2. Jadi satu-satunya wakil Indonesia yang raih gelar juara

5 Fakta Kemenangan Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dejan/Gloria juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang meraih gelar juara di Syed Modi India International 2023. Bahkan, mereka sudah menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang tersisa sejak babak semifinal. Indonesia sendiri hanya mengirimkan lima wakil di turnamen ini. Dejan/Gloria menjadi yang paling jauh melaju setelah Alwi Farhan (tunggal putra) terhenti pada perempat final, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran) tumbang pada babak kedua, serta Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra) dan Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Marcus Fernaldi Gideon (ganda putra) sama-sama terhenti pada babak pertama.

Baca Juga: Ada Dejan/Gloria, Ini Daftar Juara India International 2023

3. Gelar World Tour pertama selama dipasangkan

5 Fakta Kemenangan Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di podium Syed Modi India International 2023 (twitter.com/INABadminton)

Tak hanya menjadi gelar pertama pada musim 2023, gelar Syed Modi India International 2023 juga menjadi gelar BWF World Tour pertama Dejan/Gloria selama dipasangkan. Alih-alih meraih gelar juara, Dejan/Gloria bahkan belum pernah mencapai final turnamen World Tour. Sebelumnya, gelar terbaik yang berhasil mereka raih adalah gelar dari turnamen kelas super 100 di Vietnam Open 2022 dan beberapa gelar lainnya dari turnamen kategori International Challenge.

4. Jadi ganda campuran keempat Indonesia yang juara di Syed Modi India International

5 Fakta Kemenangan Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (pbsi.id)

Dejan/Gloria bukanlah ganda campuran Indonesia pertama yang menjuarai turnamen ini. Sebelumnya, sudah ada tiga ganda campuran Indonesia yang berhasil berdiri di podium tertinggi Syed Modi India International. Tiga ganda campuran tersebut adalah Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati (2012), Riky Widianto/Richi Puspita Dili (2015), dan Praveen Jordan/Debby Susanto (2016).

5. Jadi satu-satunya ganda campuran Indonesia yang berhasil menjuarai turnamen World Tour sepanjang tahun 2023

5 Fakta Kemenangan Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (pbsi.id)

Kemenangan Dejan/Gloria ini juga membawa angin segar bagi sektor ganda campuran Indonesia. Pasalnya, sebelum mereka belum ada ganda campuran Indonesia yang mampu meraih gelar juara di turnamen World Tour yang digelar sepanjang tahun 2023. Sebelumnya, pencapaian tertinggi ganda campuran Indonesia di turnamen World Tour 2023 dipegang oleh Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang sama-sama menjadi runner-up di turnamen World Tour super 300.

Setelah Syed Modi India International 2023, Dejan/Gloria masih berburu gelar di India. Mereka terdaftar di turnamen Guwahati Masters 2023 yang akan dilangsungkan pada 5—10 Desember 2023 mendatang di Guwahati, India.

Baca Juga: Road to Champion Dejan/Gloria di Syed Modi India International 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya