5 Fakta Kemenangan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi di Indonesia Open 2022

Awalnya Liu/Ou merupakan pemain cadangan

Gelaran Indonesia Open 2022 resmi berakhir, Minggu (19/6/2022). China berhasil keluar sebagai juara umum dengan menggondol dua gelar juara. Sementara tiga gelar juara lainnya diraih oleh Jepang, Denmark, dan Taiwan.

Salah satu gelar juara yang diraih oleh China berasal dari sektor ganda putra. Wakil semata wayang mereka sukses membuat kejutan dengan menyabet gelar juara.

Mereka adalah Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang berhasil menyingkirkan wakil Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho, di partai final dengan skor, 21-17 dan 23-21. Kemenangan mereka ini menghadirkan beberapa fakta menarik yang patut untuk kamu simak berikut ini!

1. Berawal dari pemain cadangan

5 Fakta Kemenangan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi di Indonesia Open 2022Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (instagram.com/badmintonasia.official)

Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi sejatinya tidak masuk ke babak utama Indonesia Open 2022. Ganda putra peringkat 75 dunia ini masuk ke dalam daftar reserve atau pemain cadangan. 

Mereka berhasil merangsak ke babak utama usai menggantikan ganda putra India, Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala, yang mundur dari turnamen super 1000 ini. Liu/Ou juga menjadi satu-satunya wakil China di sektor ganda putra.

2. Singkirkan tiga pemain unggulan

5 Fakta Kemenangan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi di Indonesia Open 2022Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (instagram.com/liuyuchen88888)

Dalam perjalanannya meraih gelar juara, Liu/Ou berhasil menyingkirkan tiga ganda putra unggulan. Di babak pertama, Liu/Ou sukses melumat unggulan kedua tuan rumah, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dengan dua gim langsung.

Kejutan mereka berlanjut di babak perempat final, dimana mereka kembali mengalahkan unggulan tuan rumah, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, juga dengan dua gim langsung. Unggulan keenam dari Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, jadi korban keganasan Liu/Ou berikutnya. Mereka juga ditaklukkan dengan dua gim langsung.

Baca Juga: Axelsen Rayakan Gelar Indonesia Open 2022 Bersama Keluarga

3. Tak kehilangan satu gim pun

5 Fakta Kemenangan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi di Indonesia Open 2022Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (instagram.com/badmintonasia.official)

Kemenangan Liu/Ou di Indonesia Open 2022 ini juga terbilang sempurna. Sebab, ganda putra andalan China ini tak kehilangan satu gim pun dari lawannya sejak babak pertama hingga partai final.

Lima laga yang mereka lalui sukses dimenangkan dengan dua gim langsung. Skor paling ramai terjadi di partai final ketika mereka mengahadapi wakil Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho, dengan skor, 21-17 dan 23-21.

4. Gelar juara pertama sejak dipasangkan

5 Fakta Kemenangan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi di Indonesia Open 2022Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (instagram.com/bwf.official)

Liu/Ou merupakan duet anyar bentukan China. Mereka baru dipasangkan pada tahun 2022 dengan melangsungkan debut di turnamen German Open 2022 bulan Maret 2022 lalu. Sebelumnya, Liu berpasangan dengan Li Jun Hui. Sementara Ou merupakan partner dari Zhang Nan.

Gelar Indonesia Open 2022 ini menjadi gelar juara pertama mereka sejak dipasangkan. Pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah menjadi runner-up di German Open 2022 dan Korea Masters 2022.

5. Jadi ganda putra keempat China yang juarai Indonesia Open

5 Fakta Kemenangan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi di Indonesia Open 2022Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (instagram.com/djarumbadminton)

Liu/Ou mencatatkan diri sebagai ganda putra keempat China yang sukses menjuarai Indonesia Open. Tiga ganda putra China yang menjuarai Indonesia Open sebelumnya adalah Sang Yang/Zheng Bo (2003), Fu Haifeng/Cai Yun (2007 dan 2011), dan Li Jun Hui/Liu Yu Chen (2017).

Liu/Ou menjadi ganda putra pertama China yang juara sejak lima tahun terakhir. Mereka juga memutus dominasi ganda tuan rumah, Kevin/Marcus, yang mencetak hattrick di tiga edisi sebelumnya.

Meskipun merupakan pasangan baru, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi sukses menyabet gelar juara di turnamen super 1000. Cepat atau lambat mereka akan semakin berkembang dan menjelma menjadi ancaman baru di sektor ganda putra. Selamat untuk kesuksesan para atlet China yang mendominasi gelaran Indonesia Open 2022 ini!

Baca Juga: [BREAKING] Juara Indonesia Open 2022, Gelar Zheng/Huang Sempurna

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya