5 Fakta Menarik Laju Rinov/Pitha ke Final Spain Masters 2024

Selalu meraih kemenangan dua set langsung

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi wakil Indonesia pertama yang memastikan diri ke final Spain Masters 2024. Ganda campuran unggulan keenam ini melesat ke final setelah memenangi laga semifinal kontra ganda campuran India, Reddy B. Sumeeth/Reddy N. Sikky, dengan skor 21-17 dan 21-12 dalam waktu 29 menit.

Keberhasilan Rinov/Pitha melenggang ke final Spain Masters 2024 ini turut menghadirkan berbagai fakta menarik. Salah satunya adalah mereka belum pernah merasakan kekalahan satu set sekalipun pada turnamen ini. Kemenangan selalu berhasil mereka amankan dengan dua set langsung. Bagaimana dengan fakta menarik lainnya? Berikut lima fakta menarik lolosnya Rinov/Pitha ke final Spain Masters 2024.

1. Final kedua pada 2024

5 Fakta Menarik Laju Rinov/Pitha ke Final Spain Masters 2024Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Bagi Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, final Spain Masters 2024 ini menjadi final kedua mereka pada 2024. Sebelumnya, mereka sudah merasakan final pada ajang Orleans Masters 2024 pertengahan Maret 2024 lalu. Sayangnya, pada final tersebut mereka gagal menuntaskan laga dengan kemenangan. Alhasil, mereka finis sebagai runner up setelah kalah dari ganda campuran nonunggulan asal China, Cheng Xing/Zhang Chi, dengan skor 21-16, 18-21, dan 15-21 dalam waktu 68 menit.

Baca Juga: Road to Final Febriana/Amalia Spain Masters 2024

2. Final kedua di Spain Masters

5 Fakta Menarik Laju Rinov/Pitha ke Final Spain Masters 2024Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Tak hanya menjadi final kedua pada 2024, momen ini juga menjadi final kedua Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Spain Masters. Sebelum edisi kali ini, mereka sudah pernah mencapai final Spain Masters 2021 yang berlangsung di Huelva. Kala itu, mereka berhasil berdiri di podium tertinggi setelah memenangi laga final. Mereka memastikan gelar juara setelah mengalahkan unggulan kedua asal Denmark, Niclas Nohr/Amalie Magelund, dengan skor 21-18 dan 21-15 dalam waktu 39 menit.

3. Selalu memenangi pertandingan dengan dua set langsung dalam waktu singkat

5 Fakta Menarik Laju Rinov/Pitha ke Final Spain Masters 2024Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Perjalanan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menuju final Spain Masters 2024 terbilang mulus. Mereka selalu berhasil memenangi pertandingan dengan dua set langsung. Ini artinya, mereka belum pernah menelan kekalahan satu set sekalipun dari lawannya. Laga yang dilakoni Rinov/Pitha menuju final juga berlangsung singkat. Sejak babak pertama hingga semifinal, mereka belum pernah bermain lebih dari 30 menit. Mayoritas laga mereka tuntaskan dalam waktu sekitar 20 menit saja.

4. Hadapi ganda campuran nonunggulan pada laga final

5 Fakta Menarik Laju Rinov/Pitha ke Final Spain Masters 2024Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Pada laga final, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang merupakan unggulan keenam akan menghadapi pemain nonunggulan. Mereka akan berjumpa ganda campuran asal China, Cheng Xing/Zhang Chi, yang saat ini menduduki peringkat 58 dunia. Laga ini bakal menjadi pertemuan kedua mereka dengan ganda campuran yang baru dipasangkan sejak awal 2024 tersebut. Laga ini juga menjadi laga ulangan final Orleans Masters 2024 pada pertengahan Maret 2024 silam.

Pada pertemuan terakhir tersebut, Rinov/Pitha harus menelan kekalahan atas Cheng/Zhang. Mereka tumbang dalam laga tiga set yang berlangsung selama 68 menit dengan skor 21-16, 18-21, dan 15-21. Mampukah Rinov/Pitha membalas kekalahan tersebut pada final Spain Masters 2024 ini?

5. Jaga peluang lolos ke Olimpiade 2024 Paris

5 Fakta Menarik Laju Rinov/Pitha ke Final Spain Masters 2024Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Disampaikan oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari adalah salah 1 dari 2 pemain selain Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dari sektor ganda putra yang tengah diusahakan untuk menembus Olimpiade 2024 Paris. Keberhasilan mereka melaju ke final Spain Masters 2024 ini tentunya membantu mendongkrak perolehan poin mereka di Race to Paris 2024 atau peringkat kualifikasi Olimpiade. Dengan melenggang ke final Spain Masters 2024, peringkat Rinov/Pitha diprediksi bakal tetap berada di urutan 13 dunia sekaligus makin menjauhkan jarak poin dengan pemain yang berada tepat di bawah peringkat mereka. Poin mereka masih dapat bertambah lagi jika berhasil mengamankan kemenangan pada laga final.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memang tengah gencar diturunkan di berbagai turnamen oleh PBSI. Mereka juga diharuskan mendapatkan hasil yang maksimal di setiap kejuaraan. Hal ini disebabkan mereka merupakan salah 1 dari 2 pemain Indonesia yang masih memiliki potensi untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Tak heran jika mereka tampil mati-matian di beberapa turnamen terakhirnya, termasuk pada momen Spain Masters 2024 ini. Mampukah mereka menutup penampilan impresif ini dengan medali juara?

Baca Juga: 3 Pemain Nonunggulan yang Tembus Final Spain Masters 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya