6 Negara Loloskan Wakilnya ke Semifinal Indonesia Masters S100 2023

Seluruhnya merupakan negara Asia

Berbarengan dengan perempat final French Open 2023, digelar juga babak perempat final Indonesia Masters Super 100 2023. Babak delapan besar Indonesia Masters Super 100 2023 ini telah terlaksana pada, Jumat (27/10/2023), di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition, Surabaya.

Babak perempat final turnamen BWF Super 100 ini dimeriahkan oleh para pemain dari tujuh negara berbeda. Namun, hanya enam negara yang mampu meloloskan wakilnya ke babak semifinal Indonesia Masters Super 100 2023. Menariknya, negara-negara tersebut merupakan negara dari kawasan Asia. Negara mana saja? 

1. Tuan rumah loloskan lima wakil

6 Negara Loloskan Wakilnya ke Semifinal Indonesia Masters S100 2023Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow (pbsi.id)

Indonesia sebagai tuan rumah berhasil meloloskan lima wakilnya ke semifinal. Jumlah ini merupakan salah satu yang paling banyak. Lima wakil Indonesia yang tersisa ini hanya berasal dari sektor ganda, tepatnya ganda putri dan ganda campuran. Menariknya, seluruh wakil Indonesia yang lolos ke semifinal ini merupakan pemain unggulan. Berikut daftar lengkap wakil Indonesia pada babak semifinal.

Ganda putri

  • Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto [1]
  • Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose [2]
  • Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum [3]

Ganda campuran

  • Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata [6]
  • Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow [7]

Baca Juga: Evaluasi Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games, Pengurus PBSI ke Mana?

2. Korea Selatan juga loloskan lima wakilnya

6 Negara Loloskan Wakilnya ke Semifinal Indonesia Masters S100 2023Sim Yu Jin (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Bersama dengan Indonesia, Korea Selatan menjadi negara dengan wakil terbanyak pada babak semifinal. Ada lima wakil Negeri Ginseng yang bertengger di empat besar. Wakil Korea Selatan yang melenggang ke semifinal ini berasal dari empat sektor yang berbeda, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran. Berbeda dengan Indonesia, wakil Korea Selatan yang tersisa ini justru didominasi oleh pemain nonunggulan. Berikut daftar lengkap wakil Korea Selatan pada babak semifinal.

Tunggal putra

  • Choi Ji Hoon

Tunggal putri

  • Sim Yu Jin [1]
  • Lee Se Yeon

Ganda putra

  • Kim Young Hyuk/Wang Chan [7]

Ganda campuran

  • Kim Young Hyuk/Kim Hye Rin

3. Jepang punya empat wakil

6 Negara Loloskan Wakilnya ke Semifinal Indonesia Masters S100 2023Tomoka Miyazaki (bwfbadminton.com)

Jepang berada di posisi ketiga sebagai negara dengan wakil terbanyak pada babak semifinal. Negeri Matahari Terbit ini punya 4 wakil yang melesat ke babak semifinal, di mana 3 di antaranya merupakan pemain unggulan. Empat wakil yang dimiliki Jepang ini berasal dari sektor berbeda, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri. Berikut daftar lengkap wakil Jepang pada babak semifinal.

Tunggal putra 

  • Takuma Obayashi [2]

Tunggal putri

  • Tomoka Miyazaki

Ganda putra 

  • Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura [5]

Ganda putri

  • Sayaka Hobara/Yui Suizu [5]

4. Taiwan menyisakan tiga wakil

6 Negara Loloskan Wakilnya ke Semifinal Indonesia Masters S100 2023Chi Yu Jen (badmintonoceania.org)

Di posisi keempat, ada Taiwan yang menyisakan tiga wakilnya pada babak semifinal. Menariknya, tiga wakil Taiwan tersebut merupakan pemain dari sektor putra, yakni tunggal putra dan ganda putra. Di sektor tunggal putra, Taiwan meloloskan dua wakilnya lewat Su Li Yang yang diunggulkan di posisi pertama dan Chi Yu Jen yang diunggulkan di posisi kedua. Sementara itu, sektor ganda putra meloloskan satu wakil lewat Wei Chun Wei/Wu Guan Xun yang berstatus sebagai pemain nonunggulan.

5. Dua wakil masih dimiliki Thailand

6 Negara Loloskan Wakilnya ke Semifinal Indonesia Masters S100 2023Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat (instagram.com/_ttle.official)

Thailand bertahan dengan dua wakilnya pada babak semifinal Indonesia Masters Super 100 2023. Dua wakil Negeri Gajah Putih ini datang dari sektor tunggal putri lewat Pornpicha Choeikeewong dan ganda campuran lewat Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat. Menariknya, dua wakil Thailand tersebut sama-sama berstatus sebagai pemain unggulan. Pornpicha Choeikeewong merupakan unggulan keenam. Sementara itu, Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat merupakan unggulan pertama.

6. Malaysia hanya tersisa satu wakil

6 Negara Loloskan Wakilnya ke Semifinal Indonesia Masters S100 2023Choong Hon Jian/Muhammad Haikal (instagram.com/ba_malaysia)

Terkahir, ada Malaysia yang hanya meloloskan satu wakilnya ke semifinal Indonesia Masters Super 100 2023. Pada babak sebelumnya, mereka punya dua wakil, namun, harus tersingkir karena gagal mengamankan kemenangan. Satu-satunya wakil Malaysia ini berasal dari ganda putra. Mereka adalah Choong Hon Jian/Muhammad Haikal yang akan berhadapan dengan unggulan ketujuh asal Korea Selatan, Kim Young Hyuk/Wang Chan. 

Suksesnya enam negara di atas meloloskan wakilnya ke semifinal Indonesia Masters Super 100 2023 menjadi bukti bahwa bulu tangkis negara-negara Asia masih mendominasi di berbagai kelas turnamen. Dari enam negara di atas, kira-kira negara mana saja yang akan menggondol gelar juara?

Baca Juga: Tuan Rumah Juara Umum di Indonesia Masters Super 100, Borong 3 Gelar!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya