8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023

Ada yang duduk di peringkat 1 dunia sepanjang tahun!

Peringkat bulu tangkis dunia terus mengalami perubahan sepanjang 2023. Hal ini terjadi karena BWF selalu memperbarui peringkat dunia setiap pekannya pada hari Selasa. 

Kondisi tersebut memungkinkan terjadinya pergeseran peringkat dengan sangat cepat, tak terkecuali pada peringkat 1 dunia. Tercatat, ada delapan pebulu tangkis dunia yang pernah menduduki peringkat 1 dunia pada 2023. Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftar lengkapnya!

1. Viktor Axelsen (Denmark) menduduki peringkat 1 dunia sepanjang 2023

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023Viktor Axelsen (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Dari sektor tunggal putra, pebulu tangkis yang pernah menduduki peringkat 1 dunia pada 2023 adalah Viktor Axelsen. Andalan Denmark ini menjadi satu-satunya tunggal putra yang merasakan peringkat 1 dunia pada 2023. Artinya, ia konsisten menjadi tunggal putra terbaik dunia sepanjang 2023.

2. Akane Yamaguchi (Jepang) setengah tahun merajai sektor tunggal putri

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023Akane Yamaguchi (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Sektor tunggal putri mengalami pergantian pemain yang menduduki peringkat 1 dunia. Salah satu yang pernah berada di posisi ini adalah Akane Yamaguchi. Tunggal putri terbaik Jepang ini merajai sektor tunggal putri sejak awal hingga pertengahan musim 2023. Ia mulai lengser sejak awal Agustus dan terus mengalami penurunan hingga kini berada di peringkat 3 dunia.

3. An Se Young (Korea Selatan) jadi pemain termuda pada 2023 yang menduduki peringkat 1 dunia

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023An Se Young (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Tunggal putri muda Korea Selatan, An Se Young, juga pernah menduduki peringkat 1 dunia pada 2023. Pemain berusia 21 tahun ini bahkan menjadi pemain termuda yang duduk di peringkat 1 dunia pada 2023. An Se Young mulai menjadi peringkat 1 dunia pada awal Agustus 2023 dengan menggeser posisi Akane Yamaguchi (Jepang). Hingga akhir 2023, ia masih bertahan di peringkat 1 dunia.

4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi satu-satunya pemain Indonesia yang berada di peringkat 1 dunia pada 2023

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Beralih ke sektor ganda putra, pebulu tangkis berikutnya yang pernah menduduki peringkat 1 dunia pada 2023 adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari Indonesia. Juara All England 2023 ini mulai berdiri di peringkat 1 dunia sejak awal musim 2023. Sayangnya, mereka harus turun tahta pada Oktober 2023. Peringkat mereka pun terus merosot hingga kini berada di peringkat 6 dunia.

Baca Juga: Kenapa Leo/Daniel Belum Pecah Telur Lawan Rankireddy/Shetty?

5. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) torehkan sejarah untuk negaranya

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty asal India menjadi pebulu tangkis selanjutnya yang pernah menduduki peringkat 1 dunia pada 2023. Duet kenamaan India ini merasakan manisnya peringkat 1 dunia pada pertengahan hingga akhir Oktober 2023. Meski sebentar, mereka sukses menciptakan sejarah sebagai pasangan India pertama yang menduduki peringkat 1 dunia.

6. Liang Wei Keng/Wang Chang (China) jadi pemain terbaru yang menduduki peringkat 1 dunia

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023Liang Wei Keng/Wang Chang (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Masih di sektor ganda putra, pebulu tangkis selanjutnya yang pernah menduduki peringkat 1 dunia pada 2023 adalah wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang. Duet ini berada di peringkat 1 dunia sejak akhir Oktober 2023. Mereka tak tergoyahkan dari peringkat terbaiknya hingga saat ini.

7. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) bertengger di peringkat 1 dunia sepanjang 2023

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Berpindah ke sektor ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan menduduki peringkat 1 dunia pada 2023. Bahkan, ganda putri kebanggaan China ini bertengger di peringkat 1 dunia sepanjang 2023. Tak ada satu pun ganda putri dunia yang mampu menggoyahkan posisi mereka hingga akhir 2023.

8. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) juga nangkring di peringkat 1 dunia selama 2023

8 Pebulu Tangkis yang Pernah Menduduki Peringkat 1 Dunia pada 2023Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda campuran, pebulu tangkis yang menduduki peringkat 1 dunia hanya Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dari China. Hebatnya, mereka juga berada di peringkat 1 dunia sepanjang 2023. Tak ada ganda campuran lainnya yang mampu mengejar perolehan poin mereka.

Sektor tunggal putri dan ganda putra menjadi dua sektor yang memiliki perubahan peringkat 1 dunia pada 2023. Dari sini tecermin peta persaingan mereka yang benar-benar ketat antara pemain satu dan lainnya.

Baca Juga: 10 Potret Manis Huang Yaqiong, Pebulu Tangkis Tiongkok yang Memesona

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya