3 Gelar Juara Diraih Pram/Yere Selama Berpasangan, Ada Kejuaraan Asia

Pram/Yere akan berpisah mulai tahun depan

Salah satu atlet ganda putra Indonesia, Pramudya Kusuma Wardana, baru saja memberikan pernyataan bahwa dirinya akan keluar dari Pelatnas PBSI. Pram berencana ingin melanjutkan kuliahnya di Australia dan mengambil jurusan Sports Science dan Sports Psychology.

Keluarnya Pram dari Pelatnas PBSI juga menjadi akhir dari duetnya bersama Yeremia Rambitan. Setelah dipasangkan sejak tahun 2019 lalu, Pram/Yere resmi berpisah karena Pram yang memilih keluar dari Pelatnas. Selama hampir 4 tahun berpasangan, Pram/Yere suda beberapa kali menorehkan prestasi untuk Indonesia.

Berikut tiga gelar juara yang diraih Pram/Yere selama berpasangan.

1. Raih gelar BWF World Tour pertama di Huelva Spain Masters 2021

3 Gelar Juara Diraih Pram/Yere Selama Berpasangan, Ada Kejuaraan AsiaPramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan (instagram.com/yeremia_rambitan)

Pada tahun 2021, Pram/Yere mengikuti salah satu turnamen BWF Super 300, yaitu Huelva Spain Masters. Banyak pemain muda Indonesia yang mengikuti turnamen tersebut. Kala itu, Pram/Yere juga menempati posisi unggulan kelima.

Di babak final, mereka berhadapan dengan sesama ganda putra Indonesia. Mereka adalah Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani. Pertandingan yang cukup sengit dipertontonkan oleh kedua ganda putra muda garuda tersebut. Dalam waktu 51 menit, Pram/Yere meraih gelar BWF World Tour pertama mereka usai menumbangkan Sabar/Reza dengan skor 21-15, 18-21, dan 21-14.

2. Menghentikan puasa gelar sektor ganda putra Indonesia di Kejuaraan Asia 2022

3 Gelar Juara Diraih Pram/Yere Selama Berpasangan, Ada Kejuaraan AsiaPramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan (instagram.com/yeremia_rambitan)

Ganda putra Indonesia sempat mengalami puasa gelar cukup lama di Kejuaraan Asia. Terhitung sudah 13 tahun ganda putra Indonesia belum mampu kembali berdiri di podium tertinggi setelah terakhir kali Markis Kido/Hendra Setiawan pada tahun 2009. Pertama kali mengikuti turnamen Kejuaraan Asia pada tahun 2022, Pram/Yere langsung melaju ke laga puncak.

Ganda putra andalan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, adalah lawan yang mereka hadapi di babak final. Tidak menemukan kesulitan yang berarti, Pram/Yere berhasil membukukan kemenangan hanya dalam waktu 29 menit. Lewat skor 23-21 dan 21-10, Pram/Yere suskes akhiri puasa gelar ganda putra Indonesia di Kejuaraan Asia setelah 13 tahun.

3. Kumandangkan lagu Indonesia Raya di SEA Games 2023

3 Gelar Juara Diraih Pram/Yere Selama Berpasangan, Ada Kejuaraan AsiaPramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan (instagram.com/yeremia_rambitan)

Pram/Yere pertama kali mengikuti ajang SEA Games pada edisi tahun 2021. Kala itu, mereka berhasil menciptakan all-Indonesia final bersama Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Sayangnya, Pram/Yere harus takluk di tangan Leo/Daniel dan harus puas hanya mendapat medali perak.

Kembali mengikuti SEA Games di tahun 2023, Pram/Yere kembali tampil baik dan melaju ke babak final untuk kedua kalinya. Pada edisi 2023, mereka harus melawan wakil Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul. Lewat pertandingan straight game, 21-17 dan 21-19, Pram/Yere berhasil membalas kekalahan mereka pada edisi sebelumnya dan menyempurnakan kemenangan bulu tangkis Indonesia di SEA Games 2023.

Meski Pram/Yere sudah resmi berpisah, torehan gelar juara yang sudah pernah mereka raih tetap akan dikenang. Sukses terus untuk Pramudya dan Yeremia.

Baca Juga: Kesehatan Mental Jadi Alasan Utama Pramudya Gantung Raket

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya