5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!

Ganda putra dengan gelar juara terbanyak tahun ini

India sukses mencetak sejarah baru di cabang olahraga badminton pada ajang Asian Games 2022 yang berlangsung mulai, Kamis (28/9/2023) -- Sabtu (7/10/2023) di Hangzhou, China. Negara Anak Benua mencetak sejarah dengan meraih medali emas pertama mereka di sektor ganda putra. Momen itu dipersembahkan oleh Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Jika melihat perkembangan pesat dari Rankireddy/Shetty pada sepanjang tahun 2023, tidak heran kalau ganda putra andalan India ini meraih medali emas Asian Games edisi kali ini. Terbaru Asian Games, berikut lima gelar juara Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty sepanjang 2023 hingga saat ini.

1. Swiss Open 2023 jadi gelar pertama mereka di tahun ini

5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (instagram.com/satwik_rankireddy)

Setelah mendapat hasil buruk di India Open dan All England 2023, mereka mulai bangkit pada turnamen Swiss Open 2023. Mengurangi kesalahan sendiri dan bermain lebih efektif, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty berhasil melaju sampai babak final. Kala itu, mereka berhadapan dengan wakil China, Ren Xian Yu/Tan Qiang.

Lewat duel dua gim langsung, pasangan Negeri Tirai Bambu takluk di tangan Rankireddy/Shetty. Pertandingan berakhir dengan skor 21-19 dan 24-22 untuk kemenangan Rankireddy/Shetty. Pertandingan itu memakan waktu selama 54 menit. Meski turnamen ini hanya berlabel Super 300, kemenangan yang diraih Rankireddy/Shetty tentunya ampuh meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Baca Juga: 5 Pencapaian Terbaik Rankireddy/Shetty pada 2023, Ranking 2 Dunia!

2. Ganda putra India pertama yang menjadi Juara Asia

5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (instagram.com/chiragshetty)

Masih berusaha menjaga momentum, Rankireddy/Shetty kembali tampil memukau di Kejuaraan Asia 2023. Pada turnamen yang jumlah poinnya setara dengan Super 1000 ini, mereka kembali berhasil melangkah sampai laga puncak. Wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, adalah lawan yang mereka hadapi di final.

Pertandingan kedua pasangan ini berlangsung cukup sengit. Rankireddy/Shetty menaklukkan Ong/Teo lewat pertandingan tiga set dengan skor 16-21, 21-17, dan 21-19. Hasil ini juga menjadikan mereka sebagai ganda putra India pertama yang menjadi Juara Asia.

3. Raih gelar Super 1000 kedua di Indonesia Open 2023

5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (instagram.com/chiragshetty)

Berhasil mengantongi 2 gelar juara pada 2023, penampilan Rankireddy/Shetty sempat mengalami penurunan di Thailand Open dan Singapore Open. Tak ingin kembali kalah pada babak-babak awal, mereka mulai tampil lebih baik di Indonesia Open 2023. Berhasil melaju ke final, Rankireddy/Shetty kembali bersua wakil Malaysia.

Ganda putra nomor satu Negeri Jiran, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, jadi lawan yang dihadapi Rankireddy/Shetty pada partai final turnamen BWF Super 1000 tersebut. Dalam dua gim langsung, Aaron/Soh takluk dengan skor 17-21 dan 18-21. Indonesia Open 2023 menjadi gelar Super 1000 kedua mereka pada 2023.

4. Taklukkan wakil Indonesia di laga final, Rankireddy/Shetty keluar sebagai juara di Korea Open 2023

5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (instagram.com/satwik_rankireddy)

Satu bulan berselang, Rankireddy/Shetty ikut berpartisipasi pada turnamen Korea Open 2023. Bermain semakin baik dan kompak, lagi-lagi Rankireddy/Shetty berhasil melaju ke laga pamungkas. Pada final turnamen BWF Super 500 ini, ganda putra Indonesia menjadi lawan yang dihadapi Rankireddy/Shetty.

Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang kala itu merupakan unggulan pertama. Duel kedua pasangan ini berlangsung hingga 1 jam 2 menit. Rankireddy/Shetty sukses meraih gelar juara keempat mereka pada 2023 lewat Korea Open 2023 usai menaklukkan Fajar/Rian dengan skor akhir 17-21, 21-13, dan 21-14.

5. Sukses cetak sejarah di Asian Games 2022

5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (instagram.com/bai_media)

Lagi-lagi Rankireddy/Shetty berhasil mencetak sejarah pada 2023. Setelah sebelumnya mereka menjadi ganda putra pertama India yang menjadi Juara Asia, kini mereka juga menjadi yang pertama meraih medali emas di ajang multievent terbesar di Benua Asia, Asian Games. Pada final Asian Games 2022, Rankireddy/Shetty juga menjadi satu-satunya wakil India tersisa.

Lawan yang mereka hadapi adalah Choi Sol Gyu/Kim Won Ho dari Korea Selatan. Pertandingan kedua ganda putra ini berlangsung selama 58 menit. Dengan skor 21-18 dan 21-16, Rankireddy/Shetty sukses menyumbangkan medali emas untuk India di edisi Asian Games kali ini.

Sejauh ini, Rankireddy/Shetty sudah berhasil meraih lima gelar juara. Torehan ini menempatkan mereka sebagai ganda putra dengan gelar juara terbanyak hingga Oktober 2023. Pada perubahan peringkat BWF minggu depan, Rankireddy/Shetty juga diprediksi akan menjadi ganda putra nomor satu dunia karena tambahan poin yang cukup banyak berkat kemenangan di Asian Games 2022 ini.

Baca Juga: Noda Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games, PBSI Harus Sadar Diri

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya