5 Lawan Pemain Unggulan Indonesia di Babak Pertama Malaysia Open 2024

Tetap harus waspada meski berstatus unggulan

Pada turnamen Malaysia Open 2024, Indonesia mengirimkan 14 wakil terbaiknya di turnamen yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Dari 14 wakil yang siap bertanding di salah satu rangkaian turnamen BWF Super 1000 ini, lima di antaranya berstatus sebagai pemain unggulan.

Lima pemain unggulan Indonesia berasal dari empat sektor yang berbeda-beda. Tidak boleh lengah meski berstatus sebagai unggulan, berikut lawan yang dihadapi pemain unggulan Indonesia di babak pertama Malaysia Open 2024.

1. Anthony Sinisuka Ginting hadapi pemain muda dari Taipei

5 Lawan Pemain Unggulan Indonesia di Babak Pertama Malaysia Open 2024Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/badminton.ina)

Terdapat dua tunggal putra Indonesia yang berstatus unggulan di Malaysia Open 2024. Pertama ada Anthony Sinisuka Ginting yang diunggulkan di posisi keempat. Pada laga perdananya, Ginting akan menghadapi pemain muda asal Taipei.

Su Li Yang adalah lawan yang harus ditaklukkan oleh Ginting. Laga ini akan menjadi pertemuan kedua antara Ginting dan Su Li Yang. Ginting yang secara peringkat memang lebih unggul sudah pernah menang dua set langsung atas Su Li Yang. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Hong Kong Open 2023.

Baca Juga: 4 Laga Derbi yang Akan Tersaji di Babak Pertama Malaysia Open 2024

2. Jonatan Christie harus waspada melawan wakil dari India

5 Lawan Pemain Unggulan Indonesia di Babak Pertama Malaysia Open 2024Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Tunggal putra Indonesia selanjutnya yang berstatus unggulan adalah Jonatan Christie. Pada turnamen Malaysia Open 2024, Jojo merupakan unggulan keenam. Lawan yang dihadapi Jojo adalah tunggal putra India, Kidambi Srikanth.

Meski berstatus sebagai unggulan, Jojo harus waspada saat menghadapi Kidambi. Pasalnya, meski kalah dari segi peringkat, Kidambi unggul dari segi rekor pertemuan. Ia memimpin head-to-head atas Jojo dengan catatan 6-5.

3. Gregoria Mariska Tunjung berhadapan dengan tunggal putri Jepang

5 Lawan Pemain Unggulan Indonesia di Babak Pertama Malaysia Open 2024Gregoria Mariska Tunjung (instagram.com/badminton.ina)

Gregoria Mariska Tunjung menempati posisi unggulan ketujuh di turnamen BWF Super 1000 tersebut. Tunggal putri nomor satu Indonesia ini menantang wakil dari Jepang, yaitu Natsuki Nidaira. Gregoria dan Nidaira sudah pernah bertemu satu kali sebelumnya.

Rekor pertemuan kedua pemain adalah 1-0 untuk keunggulan Gregoria. Namun, pertemuan terakhir mereka terjadi sudah cukup lama, yaitu pada Badminton Asia Junior Championships 2016. Keduanya belum pernah bertemu lagi sejak memulai bertanding di turnamen level senior.

4. Fajar Alfian/Rian Ardianto bersua pasangan dari Kanada

5 Lawan Pemain Unggulan Indonesia di Babak Pertama Malaysia Open 2024Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia juga mempunyai satu wakil yang menjadi pemain unggulan di sektor ganda putra. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menjadi unggulan kelima. Selain menjadi unggulan, Fajar/Rian juga tampil sebagai juara bertahan di turnamen pembuka BWF 2024 ini.

Fajar/Rian akan menantang wakil Kanada, Dong Adam/Nyl Yakura, pada laga perdana Malaysia Open 2024. Kedua ganda putra ini belum pernah bertemu sebelumnya. Babak 32 besar Malaysia Open 2024 ini akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua pasangan.

5. Apriyani Rahayu/Siti Fadia akan menantang ganda putri dari Thailand

5 Lawan Pemain Unggulan Indonesia di Babak Pertama Malaysia Open 2024Apriyani Rahayu/Siti Fadia (instagram.com/badminton.ina)

Wakil Indonesia terakhir yang juga berstatus sebagai unggulan datang dari sektor ganda putri. Mereka adalah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menempati posisi unggulan keenam. Pasangan dari Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, adalah lawan yang bakal mereka hadapai pada babak pertama Malaysia Open 2024.

Kedua ganda putri tersebut sudah pernah bertemu dan saling mengalahkan sebelumnya. Momen di Malaysia Open 2024 menjadi pertemuan keempat bagi Apriyani/Fadia dan Jongkolphan/Rawinda. Dari tiga pertemuan sebelumnya, head-to-head mereka adalah 2-1 untuk keunggulan pasangan Indonesia.

Meski berstatus sebagai pemain unggulan Malaysia Open 2024, deretan wakil bulu tangkis Indonesia di atas harus tetap waspada. Sementara itu, hanya sektor ganda campuran yang tidak memiliki satupun wakil Indonesia yang berstatus unggulan.

Baca Juga: 8 Ganda Putra Jumpa Unggulan di Babak 32 Besar Malaysia Open 2024

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya