5 Unggulan Garuda Gagal Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023

Banyak pemain unggulan Indonesia gugur di babak awal

Perempat final Kejuaraan Dunia 2023 bergulir hari ini, Jumat (25/8/2023), di Royal Arena, Copenhagen, Denmark. Banyak kejutan datang dari para pemain unggulan di Kejuaraan Dunia tahun ini, khususnya wakil unggulan dari Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan harus gugur pada babak-babak awal.

Dari sepuluh wakil unggulan Indonesia, hanya ada empat pemain unggulan yang berhasil melaju ke babak 8 besar Kejuaraan Dunia 2023. Di sisi lain, kelima unggulan Indonesia lainnya sudah gugur pada babak sebelumnya. Berikut kelima unggulan Indonesia yang gagal melaju ke perempat final Kejuaraan Dunia 2023.

1. Jonatan Christie (tunggal putra) [5]

5 Unggulan Garuda Gagal Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Jonatan Christie dari sektor tunggal putra menjadi unggulan Indonesia yang gugur pertama kali di Kejuaraan Dunia 2023. Salah satu tunggal putra andalan Indonesia yang merupakan unggulan kelima ini takluk oleh tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia. Jojo tumbang pada babak pertama atau babak 64 besar dalam waktu pertandingan 39 menit. Lee Zii Jia mengalahkan Jojo lewat duel dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-15.

2. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra) [1]

5 Unggulan Garuda Gagal Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Ganda putra unggulan pertama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga gugur pada laga perdana mereka di Kejuaraan Dunia 2023. Mendapat bye di R64, Fajar/Rian memulai pertandingan pertama mereka pada babak 32 besar. Pasangan nomor satu dunia ini diadang wakil Taiwan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan. Lewat pertandingan berdurasi 39 menit, Fajar/Rian tumbang dalam dua gim langsung. Lee/Yang membukukan kemenangan atas Fajar/Rian dengan skor 21-18 dan 21-19.

Baca Juga: 9 Ide Outfit Kasual dan Formal ala Pebulu Tangkis Fajar Alfian, Kece!

3. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) [10]

5 Unggulan Garuda Gagal Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

Nasib Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tidak berbeda dari Fajar/Rian. Unggulan kesepuluh sektor ganda putra ini gugur di babak 16 besar Kejuaraan Dunia 2023. Mereka takluk oleh wakil India yang jadi unggulan kedua, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Leo/Daniel menelan kekalahan setelah melawan ganda putra nomor satu India itu dalam waktu pertandingan lebih dari satu jam. Skor akhir dari duel kedua ganda putra ini adalah 15-21, 21-19, dan 9-21 untuk kekalahan Leo/Daniel.

4. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (ganda putri) [16]

5 Unggulan Garuda Gagal Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023Febriana Dwi/Amalia Pratiwi (instagram.com/badminton.ina)

Kali ini, ada ganda putri unggulan dari Indonesia. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang menempati unggulan ke-16 juga tumbang pada babak 16 besar Kejuaraan Dunia 2023. Febriana/Amalia harus mengakui keunggulan pasangan Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, lewat duel rubber game yang berlangsung cukup alot. Febriana/Amalia takluk di tangan Jongkolphan/Rawinda dengan skor 14-21, 21-17, dan 19-21 dalam waktu permainan 1 jam 13 menit.

5. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran) [13]

5 Unggulan Garuda Gagal Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati(instagram.com/badminton.ina)

Unggulan dari Indonesia terakhir yang juga gagal menembus babak perempat final Kejuaraan Dunia 2023 adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Senada dengan Leo/Daniel dan Febriana/Amalia, wakil ganda campuran Indonesia yang menempati unggulan ke-13 ini juga gugur di babak 16 besar.

Yuta Watanabe/Arisha Higashino dari Jepang yang merupakan unggulan kedua adalah lawan yang menumbangkan Rehan/Lisa. Mereka tumbang hanya dalam pertandingan dua gim langsung. Skor akhir dari laga antara kedua pasang ganda campuran ini adalah 21-14 dan 21-17 dengan waktu pertandingan 35 menit.

Sementara itu, empat wakil unggulan dari Indonesia masih akan melanjutkan perjuangan mereka di babak perempat final Kejuaraan Dunia tahun ini. Mereka adalah Gregoria Mariska Tunjung [8], Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan [8], Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti [11], dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri [13].

Baca Juga: 5 Pemain Unggulan Langsung Keok di Laga Perdana Kejuaraan Dunia 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya