11 Pemain Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024

Marques Bolden masuk dalam daftar

Jakarta, IDN Times- PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional (BTN) akan mengirimkan 11 pebasket terbaik untuk mewakili Indonesia ke Syria. Para atlet akan mengikuti Pra-Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Selain diisi sederet nama andalan Timnas Basket Indonesia, beberapa pemain pendatang baru dboyong ikut berlaga. Milos Pejic ditunjuk sebagai pelatih kepala yang akan didampingi Yohannis Winar dan Wahyu Widayat Jati sebagai asisten.

1. Awal langkah Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024

11 Pemain Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024Antoni Erga, pemain Satria Muda Pertamina Jakarta (instagram.com/antoni_erga)

Manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso, menyebut jika 11 pemain akan bertolak ke Syria pada 9 Agustus 2023. Penerbangan akan dilakukan ke Lebanon kemudian lanjut dengan travel menggunakan bus via Beirut ke Damaskus.

"Perjalanan darat kurang lebih dua jam. Estimasinya para pemain akan sampai di Lebanon jam 9 malam," kata Jeremy dalam keterangan tertulis pada Selasa (8/8/2023) malam.

Perjalanan ke Syria menjadi langkah awal perjuangan Timnas Basket Indonesia menembus Olimpiade Paris 2024. Jika berhasil memenangkan Pra Kualifikasi Olimpiade ini, skuad Indonesia akan menjadi perwakilan Asia tampil di Olimpiade tahun depan.

Di Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, Zona Asia dibagi dua grup. Indonesia berada di Grup B bersama Syria sebagai tuan rumah, Kazakhstan, dan Saudi Arabia.

Sementara di Grup A ada Korea Selatan, Taiwan, India, dan Bahrain. Pertandingan berlangsung pada 12-20 Agustus 2023.

Baca Juga: Tes Event Piala Dunia Basket 2023: Timnas Menang Lagi

2. Nama yang terpilih adalah yang terkuat

11 Pemain Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024Instagram/kelvinsanjaya

Jeremy menjelaskan, nama-nama yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Basket Indonesia merupakan pemain terbaik yang ada. Dia juga mengingatkan soal regulasi yang hanya mengizinkan tiap kontingen diperkuat oleh satu pemain naturalisasi.

"Banyak pemain mengalami cedera dan beberapa ada yang halangan karena alasan personal. Pemain dengan status cedera seperti Agassi Goantara, Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, dan Vincent Kosasih sedang jalani operasi lasik," kata Jeremny.

3. Skuad Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024

11 Pemain Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024Pemain Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden. (Foto: Instagram/marques)

Berikut daftar 11 pemain Timnas Basket Indonesia yang dibawa bertanding ke Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024 di Syria:

1. Yudha Saputera
2. Widyanta Putra Teja
3. Antoni Erga
4. Althof Dwi Satrio
5. M Arighi
6. Reza Guntara
7. Pandu Wiguna
8. Juan Laurent
9. Kelvin Sanjaya
10. Hendrick Xavi Yonga
11.  Marques Bolden

Baca Juga: Kehilangan Bolden, Indonesia Kalah dari Suriah

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya