Agus Prayogo Legowo Tak Tampil di PON 2024

Terbentur aturan batas usia

Jakarta, IDN Times - Pelari senior Indonesia, Agus Prayogo mengaku sudah ikhlas tak jadi tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Batas usia jadi penyebabnya gagal mentas.

Ajang multi-event olahraga terbesar Indonesia itu rencananya akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara pada September 2024 mendatang.

Usia Agus menjadi penyebabnya tak tampil di PON 2024 Aceh dan Sumatera Utara. Alhasil, SEA Games 2025 dan Asian Games 2026 mendatang akan jadi multi-event selanjutnya untuk Agus Prayogo.

1. Tak masalah tak bisa tampil di PON

Agus Prayogo Legowo Tak Tampil di PON 2024Tim atletik Indonesia di SEA Games 2021. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Agus Prayogo merasa tak masalah jika tak tampil di PON 2024. Sebab, dia sudah merasa puas dengan capaiannya di level PON sepanjang berkarier sebagai atlet.

"Kalau saya secara pribadi sudah pasti legawa, mengingat saya sudah delapan kali medali emas PON," kata Agus kepada IDN Times pada Selasa (23/4/2024).

Baca Juga: Profil Agus Prayogo, Atlet Perwira TNI Peraih 7 Emas SEA Games

2. Terbentur aturan usia

Agus Prayogo Legowo Tak Tampil di PON 2024Tim atletik Indonesia di SEA Games 2021. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dikabarkan Agus Prayogo tak bisa tampil di PON karena terbentur aturan usia. Atlet yang diizinkan tampil di PON maksimal berusia 35 tahun.

Sementara, Agus merupakan atlet berusia 38 tahun. Artinya, PON XX/2020 Papua lalu menjadi panggung terakhir untuk Agus yang juga merupakan prajurit TNI AD tersebut.

Kala itu, Agus pulang dengan tiga medali emas yakni dari nomor 5.000 meter, 10.000 meter, dan maraton putra.

3. Yakin masih punya kesempatan lain

Agus Prayogo Legowo Tak Tampil di PON 2024Agus Prayogo, atlet lari jarak jauh Indonesia. (IDN Times/Herka Yanis)

Meski tak bisa tampil di PON 2024, Agus yakin masih banyak kesempatan untuk dirinya tampil di ajang lain. Salah satunya panggung multi-event terbesar Asia, Asian Games.

"Gak apa-apa lah, kita kasih kesempatan yang muda-muda. Karena event buat saya itu masih banyak, contoh SEA Games, Asian Games dan sebagainya," kata Agus.

Baca Juga: Agus Prayogo Sumbang Emas Kedua Indonesia di SEA Games

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya