Bahayanya Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Baru Telan Korban Jiwa

Indah tapi berbahaya!

Jakarta, IDN Times - Kabar duka datang dari Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Pembalap asal Jepang, Haruki Noguchi, meninggal usai sempat menjalani perawatan pasca terjatuh dalam FIM Asia Road Racing Championship 2023.

Noguchi mengalami kecelakaan di tikungan 10 empat hari lalu. Memang, tikungan 10 bukan sembarangan. Dihiasi pemandangan yang memanjakan mata, tikungan 10 Sirkuit Mandalika nyatanya merupakan yang tertajam dan paling berbahaya.

1. Kronologi kecelakaan Noguchi

Bahayanya Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Baru Telan Korban JiwaTrack improvement di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Noguchi mengalami kecelakaan pada putaran keempat FIM ARRC 2023 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/8/2023). Dia tampil di kelas Asia Superbike 1000cc saat itu.

Insiden bermula ketika bagian depan motor Noguchi tersenggol ban belakang pembalap Malaysia, Zaqwan Zaidi, yang tergelincir. Zaidi terpeleset dan keluar trek, tetapi Noguchi terjatuh di lintasan sehingga kecelakaan fatal tak terhindarkan.

Dalam video yang beredar, terlihat bagian kepala Haruki Noguchi tertabrak motor yang berada di belakangnya.

Bendera merah atau red flag pun berkibar. Sementara itu, Haruki Noguchi yang baru berusia 22 tahun langsung mendapat perawatan. Sayang, nyawanya tak tertolong dan dia jadi korban meninggal dunia pertama di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Pebalap Astra Honda Tak Terkalahkan di ARRC Mandalika

2. Paling indah, tapi berbahaya

Bahayanya Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Baru Telan Korban JiwaLintasan Sirkuit Mandalika kembali diaspal. (IDN Times/Umi Kalsum)

Dari 17 tikungan yang ada di Sirkuit Mandalika, tikungan 10 disebut merupakan paling tajam dan menantang. Sisanya, tikungan lain malah terkategori landai.

Tikungan 10 punya kelebihan. Di titik ini, keindahan pantai dan deretan perbuktian dapat terlihat jelas dan memanjakan mata. Keindahan alam dan serunya tikungan tajam sebenarnya bisa saja membuat tikungan 10 Sirkuit Mandalika menjadi salah satu favorit para riders.

3. Pos Marshal sempat diperbanyak

Bahayanya Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Baru Telan Korban JiwaSuasana hari pertama tes pramusim MotoGP Mandalika. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sadar dengan bahayanya tikungan 10, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menerjunkan sebanyak 140 track marshal di World Superbike (WSBK) Mandalika 2023. Kebijakan ini diambil karena mempertimbangkan banyaknya pembalap dari berbagai ajang yang jatuh.

"Titik yang sering ada kecelakaan di situ posnya banyak untuk mengevakuasi rider lebih cepat dan event ini supaya lancar. Seperti tikungan 10 ada 3 pos marshal," terang Chief Track Marshal WSBK Mandalika 2023, Alexander Wiguna.

4. Ada empat pembalap WSBK yang rasakan ganasnya tikungan 10

Bahayanya Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Baru Telan Korban JiwaFrancesco Bagnaia di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Aldila Muharma)

Tikungan 10 Sirkuit Mandalika diakui menjadi tantangan bagi para pembalap World Superbike dan World Supersport. Tercatat, setidaknya empat pembalap dari kedua kelas ajang tersebut terjatuh saat melewati tikungan 10.

Dari gambar trek, tikungan 10 disebut punya sudut yang menantang dan butuh kemampuan serta keseimbangan yang mumpuni untuk melintasinya.

Ruben Rinaldi (Aruba Ducati) sempat crash di tikungan 10. Crash juga sempat terjadi pada Loris Baz (Bonovo Action BMW) di mana dia menjadi yang pertama untuk jatuh di tikungan 10 pada sesi FP 1 WSBK musim ini.

Baca Juga: Haruki Noguchi, Korban Meninggal Pertama di Sirkuit Mandalika

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya