Anthony Ginting Melaju Mulus ke Perempat Final All England 2024

Anthony Ginting kalahkan Kenta Nishimoto

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting memastikan diri lolos ke perempat final All England 2024. Tiket itu dia raih usai menaklukkan wakil Jepang, Kenta Nishimoto.

Tampil apik, Ginting berhasil mengalahkan Kenta dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-19 dalam babak 16 besar yang berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Kamis (14/3/2024) sore WIB.

Kemenangan ini mengukuhkan dominasi catatan pertemuan Anthony kontra Kenta. Head to head menunjukkan, Anthony sudah menorehkan delapan kemenangan dari total 11 pertemuannya dengan Kenta.

1. Comeback tepat waktu di gim pertama

Anthony Ginting Melaju Mulus ke Perempat Final All England 2024Anthony Sinisuka Ginting mengunci kemenangan di babak 32 besar All England 2024 (dok. PP PBSI)

Game pertama tak lantas berlangsung mulus untuk Ginting, begitu atlet asal Cimahi, Jawa Barat tersebut biasa disapa. Dia sempat tertinggal 2-7 karena kerap melakukan banyak kesalahan sendiri.

Sempat mengejar hingga skor 7-9, dia kemudian tertinggal 8-11 di interval gim pertama.

Beruntung, Ginting berhasil bangkit tepat waktu. Setelah jeda, dia menyamakan kedudukan bahkan balik unggul tipis dengan skor 12-11.

Laga berlangsung ketat hingga kedudukan 15-15. Baru setelahnya Ginting berhasil mendominasi laga dan unggul 18-16.

Pukulan Kenta Nishimoto dinyatakan keluar oleh wasit membuat Ginting mengamankan game point, 20-17. Aksi netting Kenta tak tereksekusi sempurna, Ginting mengunci kemenangan di gim pertama.

Baca Juga: Taufik Hidayat Tantang Ginting dan Jojo Raih Emas di Olimpiade 2024

2. Jaga dominasi di gim kedua

Anthony Ginting Melaju Mulus ke Perempat Final All England 2024Anthony Sinisuka Ginting mengunci kemenangan di babak 32 besar All England 2024 (dok. PP PBSI)

Ginting tak mau melakukan kesalahan yang sama pada gim kedua. Cepat saja, dia bisa mengamankan keunggulan pada interval ini dengan skor 11-6.

Langkah Ginting sempat tersendat. Kenta berusaha tampil menyerang hingga bisa memperkecil kedudukan menjadi 13-11.

Kenta mulai bermain stabil hingga Ginting kesulitan mencuri poin. Hanya saja, dia masih bisa mempertahankan keunggulan hingga 18-15.

Setelahnya, Ginting justru kecolongan tiga angka. Kenta bisa menahan imbang perolehan poin jadi 18-18.

Hanya saja, Ginting bermain tenang sampai bisa mengunci match point dengan skor 20-18.

Pertandingan makin panas di penghujung laga. Kenta berusaha memperpanjang napas, tetapi Ginting terus menyerang. Sabetan keras Anthony Ginting dari depan net mengakhiri pertandingan. Skor 21-19,

Anthony Sinisuka Ginting memastikan kemenangan di babak 16 besar All England 2024.

3. Berpeluang jumpa Axelsen

Anthony Ginting Melaju Mulus ke Perempat Final All England 2024Podium tunggal putra di Indonesia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Melaju ke babak perempat final, Ginting berpeluang bersua dengan raja terakhir tunggal putra dunia. Dia membuka peluang berduel melawan tunggal putra ranking satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen.

Namun, kepastian itu baru bisa didapat usai Viktor Axelsen bersua wakil China, Weng Hong Yang pada babak 16 besar ini.

Jika terwujud, duel babak perempat final All England 2024 akan jadi pertemua ke-18 Anthony Sinesuka Ginting dengan Viktor Axelsen. Berdasarkan head to head, Ginting masib kalah telak dari Axelsen 4-13.

Baca Juga: Olimpiade Makin Dekat, Anthony Ginting Fokus Perbaiki Performa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya