Asa Timnas Renang Indonesia Akhiri Puasa Medali Asian Games 33 Tahun

Misi besar tim renang Indonesia di Asian Games 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas renang Indonesia punya misi besar di Asian Games 2022 Hangzhou yang akan berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang. I Gede Siman Sudartawa dan kawan-kawan diharapkan mampu mengakhiri paceklik medali Asian Games tim akuatik Indonesia.

Kali terakhir skuad Merah-Putih membawa pulang medali dari ajang Asian Games adalah pada gelaran 1990 di Beijing, China.

Setelah 33 tahun, skuad Indonesia tak hanya berharap bisa membawa pulang medali, namun juga bisa lolos kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Timnas Renang Indonesia Tiru Latihan Amerika Serikat

1. Ingin akhiri puasa medali selama 33 tahun

Asa Timnas Renang Indonesia Akhiri Puasa Medali Asian Games 33 TahunPelatnas renang Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Skuad renang Indonesia kan menurunkan delapan perenang terbaiknya. Mereka diharapkan bisa mengakhiri puasa 33 tahun medali Asian Games yang selama ini diderita tim renang Indonesia.

"Terakhir kita dapat medali tuh tahun 1990. Jadi ada beberapa perenang yang nantinya kita harapkan bisa berpeluang mendapatkan medali, paling tidak perunggu, kalau bisa perak, alhamdulillah bisa emas tentunya, tapi realistis tentunya kita ingin dasarnya adalah perbaikan waktu mereka sendiri," ujar manajer timnas renang Indonesia, Wisnu Wardhana ditemui di Stadion Akuatik GBK pada Kamis (14/9/2023).

Sebelumnya, Indonesia terakhir kali mendapat medali di pesta olahraga akbar Asia itu pada edisi 1990 di Beijing, China.

Kala itu, tiga keping perunggu dibawa pulang oleh Richard Sam Bera (100 m gaya bebas putra); Tjia Fei Khim, Meitri Widya Pangestika, Yen Yen Gunawan, dan Elfira Rosa Nasution (4 x 100 m estafet putri); dan Wirmandi Sugriat (200 m gaya dada putra).

Baca Juga: Tutup Time Trial Jelang SEA Games, Timnas Renang Catat Progres

2. Ingin kunci tiket ke Olimpiade

Asa Timnas Renang Indonesia Akhiri Puasa Medali Asian Games 33 TahunAtlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa di Kejurnas Akuatik 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Selain membawa pulang medali dari Asian Games 2022 Hangzhou, skuad renang Indonesia juga berharpa bisa mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Ya, Asian Games 2022 Hangzhou disebut-sebut akan menjadi salah satu ajang kualifikasi Olimpiade dan juga Kejuaraan Dunia renang 2024 mendatang.

Wisnu tak mau menyebutkan siapa-siapa saja atlet yang akan diprioritaskan untuk menembus Olimpiade Paris 2024. Semua perenang memiliki kesempatan yang sama.

"Semua kita akan push untuk sebisa mungkin mendekati limit untuk Olimpiade," kata Wisnu.

3. Skuad renang Indonesia

Asa Timnas Renang Indonesia Akhiri Puasa Medali Asian Games 33 TahunMasniari Wolf di`pembukaan Indonesia Open Aquatic Championships 2022 (IDN Times/Margtih Juita Damanik)`

Dua dari delapan perenang Indonesia belum bergabung dengan skuad pelatnas. Wisnu mengatakan, Masinari Wolf akan berangkat langsung dari frankfurt, Jerman sementara Felix Viktor Iberle dari Penang, Malaysia. Keduanya baru akan bergabung dengan timnas di Athletes Village di China.

Berikut skuad renang Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou:
Tim Pelatih : Michael Piper (Australia), Albert C. Sutanto, Arif Purbo.
Perenang : I Gede Siman Sudartawa, Felix Viktor Iberle, Mohammad Dwiki Raharjo, Farrel Armandio Tangkas, Joe Aditya Kurniawan, Nicholas Karel Subagyo, Angel Gabriel Yus, Masniari Wolf.

Baca Juga: 7 Game Esports yang Dipertandingkan di Asian Games 2023

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya