Atlet Panjat Tebing Asia Berebut Tiket Olimpiade di Jakarta

Kualifikasi Olimpiade zona Asia dimulai

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipercaya Federasi Internasional Panjat Tebing (IFSC) menjadi tuan rumah ajang Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris zona Asia (Asian Qualifier). Perhelatan berlangsung di Lot 11 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 9-12 November 2023.

Skuad Garuda akan diperkuat total 12 atlet yang berlaga di nomor speed dan combine (lead dan bolder). Para pemanjat terbaik Indonesia diharapkan bisa meraih hasil maksimal dan mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

1. Indonesia punya 12 wakil

Atlet Panjat Tebing Asia Berebut Tiket Olimpiade di JakartaKualifikasi zona Asia 2023 Panjat Tebing digelar di Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Indonesia menurunkan total 12 atlet terbaiknya berlaga di Asian Qualifier 2023. Di nomor speed, enam wakil tanah air terdiri dari tiga wakil putra dan tiga wakil putri.

Sementara, di nomor combine, enam wakil Garuda juga terdiri dari enam wakil yakni tiga putra dan tiga putri.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) berharap skuad Garuda bisa keluar sebagai juara dan merebut tiga tiket menujur Paris 2024.

"Kalau digelar di Indonesia, kami berharap para atlet bisa mendapat boosting semangat. Semua atlet-atlet kita harapkan bisa berlaga dengan maksimal," ujar Ketua FPTI, Yenny Wahid.

Baca Juga: Tim Panjat Tebing Indonesia Dominan di Asian Games 2022

2. Kualifikasi Olimpiade kedua

Atlet Panjat Tebing Asia Berebut Tiket Olimpiade di JakartaAtlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi (instagram.com/ifsclimbing)

Kualifikasi zona Asia 2023 diikuti 95 atlet yang berasal dari 15 negara di Asia. Asian Qualifier menjadi ajang kualifikasi kedua yang digelar IFSC jelang Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya, kualifikasi digelar di Kejuaraan Dunia 2023 yang berlangsung di Bern, Swiss. Pada 2024 mendatang, masih ada satu kualifikasi lagi yang bisa diikuti.

Dalam gelaran Olimpiade 2024 Paris nantinya nomor speed akan mempertandingkan 14 atlet putra dan 14 atlet putri. Sedangkan, nomor combine mempertandingkan 20 putra dan 20 putri.

3. Desak Made sudah punya tiket ke Paris

Atlet Panjat Tebing Asia Berebut Tiket Olimpiade di JakartaPodium nomor speed putri Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Seoul, Korea Selatan (Twitter.com/ifsclimbing)

Indonesia sejatinya sudah mengantongi satu tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Desak Made Rita Kusuma Dewi memastikan diri lolos di babak kualifikasi sebelumnya.

Rita memastikan tiket itu usai keluar sebagai yang tercepat di nomor speed putri pada turnamen Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Bern, Swiss pada Jumat, 11 AGustus 2023 lalu.

Rita sukses mencatatkan waktu 6,49 detik dan mengalahkan pesaingnya. Medali perak diamankan wakil Amerika Serikat, Emma Hunt, dengan catatan waktu 6,67 detik. Sementara, medali perunggu diraih wakil Polandia, Aleksandra Miroslaw.

Baca Juga: Keren! Desak Made Rita Amakan Tiket Olimpiade Paris 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya