Beban Berat Bagas/Fikri di Kejuaraan Asia 2024

Demi kunci tiket Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Beban berat diemban oleh ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Kejuaraan Asia 2024. Itu karena Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memasang target tinggi kepada mereka.

Target ini ditetapkan demi menjaga asa Bagas/Fikri lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Terlebih, Kejuaraan Asia merupakan turnamen terakhir untuk Kualifikasi Olimpiade 2024.

1. Bagas/Fikri harus tembus final

Beban Berat Bagas/Fikri di Kejuaraan Asia 2024Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berlaga di All England 2024 (dok. PP PBSI)

Ketua tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade 2024 Paris, Fadil Imran, mengatakan Bagas/Fikri diharapkan menembus final Kejuaraan Asia 2024 mendatang. Bahkan, Bagas/Fikri ditargetkan jadi juara di ajang tersebut.

"Mudah-mudahan di sana Bagas/Fikri bisa masuk final dan juara, sehingga poinnya bisa bertambah. Karena pasangan China, Ou Xuan Yi/Liu Yu Chen itu juga masih berkejar-kejaran dengan Bagas/Fikri," kata Fadil kepada media.

Baca Juga: Tradisi Emas Olimpiade Gak Boleh Putus

2. Baru Fajar/Rian yang aman

Beban Berat Bagas/Fikri di Kejuaraan Asia 2024Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bersama pelatih Aryono Miranat usai sukses memepertahankan gelar juara di All England 2024 (dok. PP PBSI)

Sejauh ini, baru Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang aman posisinya untuk main di Olimpiade 2024. Mereka ada di posisi tujuh dalam klasemen race to Olympic dengan torehan 80.149 poin.

Sementara itu, Bagas/Fikri menempati urutan sembilan dengan catatan 72.179 poin. Berdasarkan peraturan yang berlaku, tiap negara diizinkan mengirim maksimal dua wakil dari sektor ganda, jika bisa menempati ranking delapan besar race to Olympic.

Artinya, Bagas/Fikri harus menggeser pasangan Ou/Liu yang berada di ranking delapan dengan capaian 74.458 poin.

Baca Juga: PBSI Optimistis Indonesia Lolos Fase Grup Thomas dan Uber Cup 2024

3. PBSI jaga kondisi atlet

Beban Berat Bagas/Fikri di Kejuaraan Asia 2024Ketua tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade 2024 Paris, Fadil Imran (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Fadil mengatakan, PBSI saat ini berfokus untuk menjaga kondisi atlet. Salah satu triknya, setiap atlet akan difokuskan untuk mengikuti turnamen sesuai dengan kebutuhan.

"Kami sekarang berusaha sekuat tenaga untuk program yang kami susun berdasarkan kebutuhan masing-masing atlet untuk bagaimana anak-anak bisa disiplin untuk menjalaninya. Fisik, teknik, kemudian non-teknis, seperti psikologi dan aspek kesehatan, jangan sampai nanti cedera atau ada seperti penyakit," kata Fadil.

Baca Juga: Target Fajar/Rian Ternyata Cuma Amankan Diri di All England

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya