Bulu Tangkis Tanpa Medali Asian Games 2022, Ini Kata Legenda

Masalah bulu tangkis terbilang kompleks 

Jakarta, IDN Times - Kegagalan tim bulu tangkis Indonesia untuk pertama kalinya atau nir medali dari Asian Games menyita perhatian. Termasuk dari sosok legenda ganda putra Indonesia, Candra Wijaya.

Bagi Candra, kondisi bulu tangkis Indonesia saat ini terbilang kompleks. Dia juga menyoroti bagaimana strategi pembinaan nasional yang harus diperhitungkan ulang.

"Menurut saya ini kondisi yang sangat kompleks. Banyak hal yang mesti dievaluasi," kata Candra kepada IDN Times, Jumat (6/10/2023).

1. Penyebab hasil tak memuaskan

Bulu Tangkis Tanpa Medali Asian Games 2022, Ini Kata LegendaFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kandas di 16 besar Hong Kong Open 2023 (dok. PP PBSI)

Dari sudut padang seorang Candra Wijaya, beberapa hal menjadi faktor penyebab tak maksimalnya capaian skuad bulu tangkis Indonesia di sederet turnamen terakhir. Puncaknya, Indonesia gagal meraih medali dari Asian Games 2022 Hangzhou.

"Selain dari kondisi juga persiapan, banyaknya turnamen, target kejuaraan turnamen itu sendiri (menjadi penyebab). Jadi fokus dan konsentrasinya terpecah. Sasaran antara dan utama jadi kabur," kata Candra.

Baca Juga: Rekor Buruk Bulu Tangkis Indonesia Tanpa Medali di Asian Games

2. Strategi pembinaan harus dipikir ulang

Bulu Tangkis Tanpa Medali Asian Games 2022, Ini Kata LegendaCandra Wijaya/Tony Gunawan (twitter.com/gen987fm)

Bagi Candra, strategi pembinaan nasional di cabang olahraga bulu tangkis dirasa perlu diperhitungkan ulang. Dia menyoroti bagaimana regenerasi pemain di negara lain berjalan lebih baik.

"Di negara lain sudah banyak pemain muda yang bermunculan yang juga berprestasi bahkan menyayangi dan mengalahkan pemain pemain senior kita. Sedangkan kita masih belum memperlihatkan pelapis-pelapis berikutnya, apalagi buat ke depan Olympic," ujar Candra.

3. Catatan kelam bulu tangkis di Asian Games

Bulu Tangkis Tanpa Medali Asian Games 2022, Ini Kata LegendaAnthony Sinisuka Ginting di 16 besar nomor perorangan tunggal putra Asian Games 2022 (dok. PP PBSI)

Bulu tangkis Indonesia menorehkan catatan buruk dalam sejarah partisipasi di Asian Games. Untuk pertama kalinya, sepanjang sejarah Asian Games, Indonesia gagal meraih medali.

Ya, Indonesia dipastikan tanpa medali di cabor bulu tangkis, setelah semua atletnya dari seluruh sektor habis. Ini menjadi catatan terburuk bagi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Indonesia pula sepanjang sejarah.

Sebab, hanya di kepengurusan Agung Firman Sampurna, Indonesia gagal meraih medali di Asian Games.

Baca Juga: Gregoria Gugur, Bulu Tangkis Tanpa Medali di Asian Games 2022

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya