Daftar 15 Jagoan Bulutangkis RI yang Bakal Mentas Kejuaraan Dunia 2023

Ganda putra kirim empat wakil

Jakarta, IDN Times - Gelaran BWF World Championship 2023 sudah di depan mata. Sebanyak 15 wakil Indonesia akan turun bertanding dalam Kejuaraan Dunia 2023 yang berlangsung di Copenhagen, Denmark, pada 21-27 Agustus 2023.

Dalam aturan yang diberlakukan BWF, setiap negara hanya bisa mengirimkan maksimal empat perwakilan dari tiap sektor, sesuai dengan peringkat BWF-nya.

Pada skuad Indonesia, hanya sektor ganda putra yang mengirimkan skuadnya dengan kuota penuh. Sementara, sektor lainnya hanya mengirim dua atau tiga wakil untuk berlaga.

Baca Juga: 5 Perbedaan BWF World Tour Finals dan World Championship

1. Skuad ganda putra turun dengan kekuatan penuh

Daftar 15 Jagoan Bulutangkis RI yang Bakal Mentas Kejuaraan Dunia 2023Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memenangkan babak 32 besar Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Skuad ganda putra Indonesia mengirim empat wakilnya untuk berlaga di Kejuaraan Dunia 2023. Artinya, kuota ganda putra terpakai penuh. Maklum, terdapat enam pasang anak asuh Herry Iman Pierngadi yang masuk jajaran 25 besar dunia.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang masih kokoh menjadi ranking satu dunia, dipastikan turun bertanding. Fajar/Rian akan berlaga bersama Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ranking 8), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ranking 10), dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (ranking 13).

2. Tunggal putri kirim wakil paling sedikit

Daftar 15 Jagoan Bulutangkis RI yang Bakal Mentas Kejuaraan Dunia 2023potret atlet tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani (instagram.com/putri.k.w20)

Sementara, sektor tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran mengirimkan masing-masing tiga wakil di Kejuaraan Dunia 2023. Hanya sektor tunggal putri yang mengirimkan wakil paling sedikit yakni dua wakil.

Grgeoria Mariska Tunjung dipastikan akan mentas di Kejuaraan Dunia 2023. Gregoria saat ini jadi tunggal putri Indonesia dengan ranking BWF tertinggi, yakni di posisi delapan dunia.

Gregoria akan ditemani Putri Kusumawardani yang kini menempati ranking 33 dunia. Hanya dua atlet putri tersebut yang diturunkan dan masuk jajaran 50 besar dunia.

Baca Juga: 5 Ganda Putri Dunia yang Naik Peringkat usai Kejuaraan Asia 2023

3. Skuad Indonesia di Kejuaraan Dunia 2023

Daftar 15 Jagoan Bulutangkis RI yang Bakal Mentas Kejuaraan Dunia 2023Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di semifinal Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Berdasarkan update BWF, berikut daftar lengkap skuad Indonesia yang bisa mentas di Kejuaraan Dunia 2023:

Tunggal putra:
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal putri:
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani

Ganda putra:
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
2. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
3. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
4. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda putri
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
3. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto

Ganda campuran:
1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
2. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
3. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca Juga: Fajar/Rian Keok, Wakil Indonesia Habis di Australia Open 2023

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya