Daftar Juara BATC 2024, China dan India Cetak Sejarah

Indonesia harus berpuas dengan satu perunggu

Jakarta, IDN Times - China dan India mencetak sejarah di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024. Untuk pertama kalinya China dan India keluar sebagai juara sepanjang sejarah gelaran dilakukan.

China menjadi kampiun untuk beregu putra BATC sementara India di beregu putri. Sementara itu, skuad Indonesia harus berpuas diri pulang dengan satu medali perunggu dari beregu putri.

1. Sejarah baru bagi China

Daftar Juara BATC 2024, China dan India Cetak SejarahChina keluar sebagai juara beregu putra Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024 (instagram.com/badmintonasia.official)

Tim beregu putra China melakoni laga panas di final beregu putra BATC 2024. Skuad China berduel dengan tim tuan rumah di Selangor, Malaysia pada Minggu (18/2/2024).

China menurunkan kekuatan penuh di tiga partai pertama. Sementara Malaysia tampil tanpa tunggal putra utama mereka, Lee Zii Jia. Langkah ini terbukti efektif untuk China mengunci kemenangan 3-0 melawan Malaysia di final.

Kemenangan ini menjadi kali pertama untuk China bisa menjadi juara di BATC sejak ajang ini digelar pada 2016 lalu.

Baca Juga: Perdana Sejak 2016, Beregu Putra Indonesia Gagal ke Final BATC

2. India diselamatkan bocah 17 tahun

Daftar Juara BATC 2024, China dan India Cetak SejarahIndia keluar sebagai juara beregu putri Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024 (instagram.com/badmintonasia.official)

Tim beregu putri India turut mencetak sejarah di BATC 2024. Skuad India memenangkan final 3-2 melawan Thailand.

Ini juga jadi kali pertama sepanjang sejarah untuk India bisa keluar sebagai juara di BATC 2024. Nasib India mujur setelah diselamatkan bocah 17 tahun.

Pusarla V. Sindhu dan Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela berhasil mengunci dua poin pertama untuk India. Namun, Busanan Ongambungphan dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard sukses memperpanjang napas tim Thailand dan kedudukan jadi imbang 2-2.

Di saat ini lah, nasib India bergantung pada bocah 17 tahun, Anmol Kharb. Berduel melawan Pornpicha Choeikeewong, Anmol berhasil mengunci kemenangan dua game langsung dengan skor 21-14, 21-9 dan membawa India menjadi juara.

3. Indonesia harus puas dengan medali perunggu

Daftar Juara BATC 2024, China dan India Cetak SejarahSkuad beregu putri Indonesia untuk Kejuaraan Beregu Asia (BATC) 2024 (dok. PP PBSI)

Skuad Indonesia harus puas dengan capaian medali perunggu dari sektor beregu putri di BATC 2024. Sementara skuad putra Garuda tak berhasil menembus babak final usai kalah 2-3 melawan China.

Berikut daftar juara BATC 2024:

Beregu putra:

  • Emas - China
  • Perak - Malaysia
  • Perunggu - Jepang dan Korea Selatan

Beregu putri:

  • Emas - India
  • Perak - Thailand
  • Perunggu - Indonesia dan Jepang

Baca Juga: Tim Putri Indonesia Terhenti di Semifinal BATC 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya