Dalih PBSI: Kejuaraan Beregu Asia Buat Uji Nyali Pemain Muda

Jadi modal hadapi Piala Thomas dan Uber

Jakarta, IDN Times - Indonesia gagal meraih gelar dalam Kejuaraan Bulu tangkis Beregu Asia (BATC) 2024. Baik tim putra dan putri, kalah dari lawan masing-masing di BATC 2024 di babak yang berbeda.

Tim putra kalah dalam perempat final saat menghadapi China. Sementara, tim putri keok dari Thailand dan gagal mempertahankan gelarnya di BATC 2024.

Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengaku tak risau dengan hasil tersebut. Mereka berdalih, BATC hanya jadi ajang uji nyali buat Tim Indonesia jelang Piala Thomas dan Uber.

1. Mental pemain muda perlu diasah

Dalih PBSI: Kejuaraan Beregu Asia Buat Uji Nyali Pemain MudaTunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 (dok. PP PBSI)

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, menyatakan ajang ini menjadi momentum buat para pemain muda mengasah mentalnya. Sebab, lawan-lawan yang dihadapi terbilang sudah kelas dunia.in.

"Ini kejuaraan yang penting untuk melatih mental, terutama bagi pemain muda," Rionny.

Baca Juga: Daftar Juara BATC 2024, China dan India Cetak Sejarah

2. Gambaran Piala Thomas dan Uber

Dalih PBSI: Kejuaraan Beregu Asia Buat Uji Nyali Pemain MudaSkuad beregu putra Indonesia untuk Kejuaraan Beregu Asia (BATC) 2024 (dok. PP PBSI)

Terlepas dari hasil di BATC 2024, Tim Putra Indonesia dipastikan aman dan dapat slot untuk berlaga di Piala Thomas 2024. Sementara, tim putri juga akan tampil di Piala Uber setelah memastikan diri menembus semifinal BATC 2024.

Hasil BATC 2024 disebut Rionny menjadi gambaran persaingan untuk berebut gelar di Piala Thomas dan Uber pada 28 April hingga 5 Mei 2024 mendatang.

"Hasil di BATC ini bisa menjadi gambaran untuk menghadapi perebutan Piala Thomas dan Uber nanti. Para pemain juga harus berlatih lebih keras lagi dan meningkatkan terus daya juang di lapangan," ujar Rionny.

3. Indonesia mentok di posisi 3 bersama

Dalih PBSI: Kejuaraan Beregu Asia Buat Uji Nyali Pemain MudaSkuad beregu putri Indonesia untuk Kejuaraan Beregu Asia (BATC) 2024 (dok. PP PBSI)

Skuad Indonesia harus puas dengan capaian medali perunggu dari sektor beregu putri di BATC 2024. Sementara tim putra Garuda tak berhasil menembus semifinal usai kalah 2-3 melawan China.

Berikut daftar juara BATC 2024:
Beregu putra:
Emas - China
Perak - Malaysia
Perunggu - Jepang dan Korea Selatan

Beregu putri:
Emas - India
Perak - Thailand
Perunggu - Indonesia dan Jepang

Baca Juga: Tim Putri Indonesia Terhenti di Semifinal BATC 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya