Demi Olimpiade 2024, Apriyani Rahayu Maksa Tanding Meski Cedera

Poin olimpiade belum aman

Jakarta, IDN Times - Kondisi pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu menjadi sorotan. Sebab, Apriyani bersama pasangan mainnya Siti Fadia Silva Ramadhanti sudah beberapa kali mundur dari turnamen akibat cedera yang dialami Apriyani.

Mengaku tetap memaksa bertanding meski cedera belum sepenuhnya pulih, Apriyani mengutarakan alasannya. Poin Olimpiade 2024 Paris yang belum aman ternyata membuat peraih emas Olimpiade 2020 Tokyo ini ketar-ketir tak bisa tampil di Paris musim panas 2024 mendatang.

1. Bukan untuk World Tour Finals 2023

Demi Olimpiade 2024, Apriyani Rahayu Maksa Tanding Meski CederaApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Tampil di China Masters 2023, Apriyani/Fadia mundur di babak 16 besar karena cedera yang dialami Apriyani. Namun, kondisi itu pun sudah cukup membuat Apriyani/Fadia mengamankan tiket untuk tampil di BWF World Tour Finals 2023 pada 13-17 Desember 2023 mendatang di Hangzhou, China.

Namun, nyatanya bagi Apriyani/Fadia ajang tutup tahun BWF itu bukan menjadi fokus utama yang membuat Apriyani ngotot tampil berlaga meski cedera belum pulih sepenuhnya.

"Lebih tepatnya mikir untuk poin Olimpiade, buat ke depannya. Jadi ke depan itu targetnya poin ke Olimpiade. Intinya gitu ya buat Olimpiade nya karena belum aman," ujar Apriyani.

Baca Juga: Apriyani Rahayu Pastikan Mentas di BWF World Tour Finals 2023

2. Tak mungkin rehat dari turnamen

Demi Olimpiade 2024, Apriyani Rahayu Maksa Tanding Meski CederaApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Perhitungan poin untuk kualifikasi Olimpiade 2024 Paris masih terus berjalan hingga akhir April 2024 mendatang. Namun, tak terlalu banyak turnamen yang tersisa.

Menyadari hal ini, dengan kondisi poin yang disebut Apriyani/Fadia belum aman, pasangan ganda putri andalan Indonesia ini mengaku tak bisa absen dari rentetan turnamen terlalu lama meski untuk pemulihan.

"Iya enggak bisa karena tuntutannya juga. Jadi memang yang kemarin saya juga sempat ngobrol sama pelatih. Sebenarnya saya juga mau dari Jerman itu saya rest. Saya mau dari Januari lagi. Cuma enggak bisa karena sudah tuntutan untuk Olimpiade," ujar Apriyani.

Baca Juga: Cedera Apriyani di Final Hylo Open 2023 Bukan Kambuhan

3. Ketar-ketir jelang Olimpiade

Demi Olimpiade 2024, Apriyani Rahayu Maksa Tanding Meski CederaAtlet ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Apriyani tak menampik punya rasa cemas memikirkan poin kualifikasi Olimpiadenya. Meski menurut Apriyani, hal serupa sempat terjadi sebelum dia dan mantan pasangan mainnya, Greysia Polii dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo lalu.

Apriyani/Fadia menyadari, seluruh elite bulu tangkis dunia masih berlomba mengumpulkan poin untuk mengunci tiket. Itu sebabnya bagi Apriyani situasi saat ini tak hanya melelahkan secara fisik namun juga pikiran.

"Mungkin pasti cemas ya karena cemasnya itu kan kita mikir buat kedepannya gitu sih," kata Apriyani.

Baca Juga: Apriyani Rahayu Pastikan Mentas di BWF World Tour Finals 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya