Ganda Campuran Indonesia Berburu Tiket Olimpiade di Tur Eropa

Kejar tiket Olimpiade 2024

Jakarta, IDN Times - Turnamen bulu tangkis kembali bergulir pekan ini. Kali ini, para atlet tepok bulu Indonesia akan menjalani tur Eropa yang terdiri dari lima turnamen berturut-turut.

German Open akan membuka rangkaian tur Eropa pada 27 Februari hingga 3 Maret 2024 mendatang di Muelheim. Turnamen Super 300 ini sekaligus jadi turnamen pertama untuk wakil-wakil ganda campuran Indonesia berebut poin untuk lolos kualifikasi Olimpiade 2024.

1. Gong persaingan ganda campuran kembali digelar

Ganda Campuran Indonesia Berburu Tiket Olimpiade di Tur EropaDejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Sebanyak tiga ganda campuran Indonesia bakal turun bertanding di German Open 2024 pekan ini. Mereka adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumadewi, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Tur Eropa menjadi medan perang buat mereka demi bisa menembus 13 besar klasemen race to olympic. Ini penting karena perolehan poin mereka masih kurang memuaskan.

Rinov/Pitha menjadi pasangan yang posisinya paling dekat. Mereka ada di peringkat 15 race to olympic dengan capaian 51.184 poin. Sementara, Dejan/Gloria (ranking 21) meraih 48.986 poin, dipepet Rehan/Lisa (ranking 22) yang mengantongi 48.260 angka.

Baca Juga: Kejar-kejaran Sengit 3 Ganda Putra ke Olimpiade 2024

2. Rinov/Pitha turun di Orleans Masters 2024

Ganda Campuran Indonesia Berburu Tiket Olimpiade di Tur EropaRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Dejan/Gloria dan Rehan/Lisa akan turun di turnamen Super 1000 All England pada tur Eropa tahun ini. Sementara itu, Rinov/Pitha akan diturunkan di BWF Super 300 Orleans Masters 2024.

Keputusan ini diambil bukan tanpa alasan. Pelatih ganda campuran Indonesia, Herry Iman Pierngadi, punya perhitungan sendiri demi meloloskan setidaknya satu wakil ganda campuran ke panggung Olimpiade.

"Karena target saya meloloskan Rinov/Pitha untuk ikut Olimpiade. Kalau saya paksain ke sana (All England), poinnya akan gak nambah. Nanti di Orleans itu targetnya mereka, kalau dari hitung-hitungan poin, di semifinal baru bisa nambah poinnya. Kalau delapan besar gak," ujar Herry IP saat ditemui di Pelatnas PBSI.

3. Ganda campuran belum amankan tempat di Olimpiade

Ganda Campuran Indonesia Berburu Tiket Olimpiade di Tur EropaRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati terhenti di 16 besar India Open 2024 (dok. PP PBSI)

Hingga saat ini, belum satu pun ganda campuran Indonesia mengamankan posisi untuk berlaga di Olimpiade 2024 Paris. Berdasarkan aturan BWF, tiap negara bisa meloloskan setidaknya satu wakil sektor ganda dari olimpiade jika bisa menembus ranking 13 besar.

Sementara, posisi tertinggi ganda campuran Indonesia adalah Rinov/Pitha yang menduduki peringkat 15 race to olympic. PBSI memastikan peluang tiga ganda campuran Indonesia ke Olimpiade masih sama-sama terbuka.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Rahmad Pasang Target Medali Emas di Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya