Hai Ganda Putra Indonesia, Naik Podium Lagi Yuk!

Tanggapan legenda, Christian Hadinata soal ganda putra

Jakarta, IDN Times - Kegagalan skuad bulu tangkis Indonesia membawa medali dari Asian Games 2022 Hangzhou menjadi sorotan, termasuk dari legenda bulu tangkis Christian Hadinata.

Menurut Christian, skuad ganda putra butuh podium juara lagi untuk bisa menjadi titik balik. Dia pun mengatakan, ganda putra tak wajib bertumpu pada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berstatus mantan ranking satu dunia.

1. Ganda putra butuh podium juara

Hai Ganda Putra Indonesia, Naik Podium Lagi Yuk!Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Japan Open 2022 (dok. PP PBSI)

Menurut Christian, sektor ganda putra tengah mengalami krisis kepercayaan diri. Christian mengatakan, satu podium juara bisa menjadi titik balik bangkitnya ganda putra Indonesia.

“Berharap pertandingan-pertandingan berikutnya ada momen nyangkut untuk bisa jadi juara. Itu akibatnya bisa luar biasa,” ujar Christian.

Namun, Christian mengingatkan, jika tak juga bangkit, ganda putra malah bisa makin terpuruk.

“Tapi kalau tidak tembus-tembus, terpukul lagi, kalah lagi. Sangat dikhawatirkan makin tenggelam. Kepercayaan dirinya enggak bisa balik, repot,” ujar Christian lagi.

2. Tak harus berharap pada Fajar/Rian

Hai Ganda Putra Indonesia, Naik Podium Lagi Yuk!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tumbang di perempat final Asian Games 2022 Hangzhou (dok. PP PBSI)

Christian mengatakan, ganda putra Indonesia tak harus meletakan harapan utama pada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Aridanto yang sempat menempati ranking satu dunia. Ya, pekan ini, Fajar/Rian tergusur dari tahta raja ganda putra dunia setelah didepak pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Namun, Indonesia terbilang masih punya cukup banyak amunisi di ganda putra dunia. Ada lima pasangan yang bertengger di posisi 15 besar dunia.

Menurut Chrisitan, ganda putra masih bisa menaruh harap pada empat pasangan lainnya.

“Ada satu saja momen juara. Siapapun. Tidak hanya Fajar/Rian. Di ganda putra, siapa pun, itu akan memberi dampak psikologis yang luar biasa untuk ganda putra bisa bangkit,” ujar Christian.

3. Kapan terakhir ganda putra Indonesia naik podium?

Hai Ganda Putra Indonesia, Naik Podium Lagi Yuk!LeoNiel Menjuarai Singapore Open 2022 .(sports.sindonews.com)

Performa ganda putra Indonesia memang terbilang tengah merosot. Biasa rutin naik podium dan menjadi juara, podium terakhir ganda putra diraih Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang keluar sebagai runner up Hong Kong Open 2023.

Sementara gelar juara terakhir diamankan Leo/Daniel dari ajang SEA Games 2023 lalu. Gelar paling bergengsi lainnya yang dimiliki ganda putra adalah titel juara dari All England 2023 yang diamankan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Skuad ganda putra Indonesia akan berlaga di turnamen Eropa pada ajang Denmark Open 2023 (17-22 Oktober 2023) dan French Open 2023 (24-29 Oktober 2023) mendatang.

Baca Juga: 9 Update Peringkat BWF Ganda Putra Dunia usai Asian Games 2022

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya