Hei Kevin/Marcus, ke Mana Kalian?

Kevin/Marcus nyaris dua bulan gak nongol di Cipayung

Jakarta, IDN Times - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali menjadi sorotan. Ini setelah PBSI bertekad menagih komitmen Kevin/Marcus selaku penghuni Pelatnas PBSI.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Kevin/Marcus sudah absen dalam latihan sejak awal 2024 lalu. Artinya, hampir dua bulan Kevin/Marcus tak ikut berlatih di Pelatnas Cipayung. Pelatih Ganda Putra Indonesia, Aryono Miranat, menyatakan keduanya masih menjalani masa libur.

Tapi, pada dasarnya nyaris seluruh ganda putra Indonesia sudah ikut latihan. Bahkan, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang statusnya sparring partner di Cipayung, rutin latihan. Lantas, ada apa dengan keduanya?

1. Pelatih tak istimewakan Kevin/Marcus

Hei Kevin/Marcus, ke Mana Kalian?Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan kepala pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Meski sudah absen latihan nyaris dua bulan, Kevin/Marcus tetap masuk dalam daftar skuad pelatnas PBSI Cipayung. Tentunya, hal ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah keduanya diberikan perlakuan spesial. Miranat menegaskan keduanya diizinkan absen lebih lama karena menghargai capaian The Minions selama ini.

"Karena kan kami menghargai mereka. Dulu kan mereka pernah jadi nomor satu dunia ya, cukup lama. Orang lain juga, pemain-pemain lain, segan sama dia. Bukan kami mau kasih special treatment, tapi menghargai mereka," ujar Aryono ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung pada Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: PBSI Tagih Komitmen Kevin/Marcus

2. Apa saja prestasi Kevin/Marcus?

Hei Kevin/Marcus, ke Mana Kalian?IDN Times/PBSI

Jika bicara soal prestasi, tak bisa dihindari Kevin/Marcus sempat menjadi tulang punggung ganda putra Indonesia. Keduanya sempat dijuluki "Raja Super Series" lantaran menyabet gelar juara dari rentetan turnamen BWF World Tour dari level 500 hingga 1000.

Kevin/Marcus pertama kali jadi raja ganda putra dunia pada Maret 2017. Keduanya menjadi nomor satu dunia selama lebih dari empat tahun.

Periode 2018 bisa dibilang jadi yang paling cemerlang untuk Kevin/Marcus. Mereka mengantongi titel juara dari Indonesia Masters, India Open, All England, Indonesia Open, Japan Open, Denmark Open, China Open, Hong Kong Open, dan menjadi runner-up di French Open.

Kevin/Marcus juga menaklukkan Istora Senayan pada 2018 dengan mengamankan medali emas dari Asian Games. Sepanjang kariernya, Kevin/Marcus sudah mengantongi 19 gelar BWF World Tour berbagai level hingga 2022 lalu.

3. Tapi, ganda putra lain juga berprestasi

Hei Kevin/Marcus, ke Mana Kalian?Podium ganda putra Denmark Open 2022 (dok. PP PBSI)

Kevin/Marcus tentu bukan satu-satunya ganda putra Indonesia yang berprestasi. Masih ada ganda putra Indonesia lain yang bisa meraih sejumlah gelar seperti Kevin/Marcus. Meski, harus diakui prestasi ganda putra Indonesia lainnya tak sekonsisten Kevin/Marcus saat sedang berada di puncak performa.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto misalnya. Keduanya sudah mengantongi 10 gelar dari BWF World Tour hingga tahun 2023. Termasuk titel All England 2023.

Atau, pasangan ganda putra pelapis Indonesia seperti Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan yang akrab dijuluki The Babies ini sejak 2021 hingga awal 2024 sudah mengantongi empat titel juara BWF World Tour. Termasuk Singapore Open dan back to back gelar Indonesia Masters.

Pasangan pelapis lainnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sejak 2019 hingga 2023, Bagas/Fikri sudah mengantongi dua gelar BWF World Tour. Gelar terbesar mereka adalah All England 2022.

Tapi, dibandingkan Hendra/Ahsan, sebenarnya Kevin/Marcus juga setara. Bahkan, keduanya memiliki catatan yang tak dimiliki Kevin/Marcus, yakni jadi juara dunia tiga kali, 2013, 2015, dan 2019.

Sebanyak empat titel juara dan 13 runner up diamankan The Daddies sejak 2018 hingga 2023 lalu. Termasuk All England pada 2019 lalu.

4. Nasib Kevin/Marcus belum dipastikan

Hei Kevin/Marcus, ke Mana Kalian?Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Aryono Miranat mengakui belum tahu pasti bagaimana kelanjutan nasib Kevin/Marcus. Dia menyebut baru akan menanyakan kepastian soal pasangan ini.

“Itu nanti saya pastinya akan tanyakan lagi ke Kevin/Marcus. Apakah mereka pasti akan terus main atau pun tidak. Kepastian saya juga tidak bisa memastikan. Jadi masih 50:50. Nanti saya akan pastikan lagi ke mereka,” kata Aryono.

Baca Juga: Lama Absen Latihan, Pelatih Bantah Isitmewakan Kevin/Marcus

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya