Indonesia ke Final Uber Cup 2024, Komang Ayu: Saya Bangga

Komang sempat tegang saat masuk ke lapangan

Jakarta, IDN Times - Tim beregu putri Indonesia melaju ke final Uber Cup 2024. Tunggal putri, Komang Ayu Cahya Dewi jadi pahlawan srikandi tanah air usai memastikan kemenangan Indonesia 3-2 atas Korea Selatan.

Bertanding di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024), Komang memastikan kemenangan Indonesia usai mengalahkan Kim Min Sun.

Komang Ayu mengaku bangga karena tim beregu putri Indonesia bisa menembus final Uber Cup 2024. Keberhasilan ini sekaligus mengakhiri penantian 16 tahun tim beregu putri Merah Putih menembus final Uber Cup.

"Saya sangat bangga bisa masuk ke final bersama tim ini. Bertahun-tahun kita menunggu bahkan untuk sekadar masuk semifinal, sekarang dikasih kesempatan untuk masuk final," kata Komang Ayu usai pertandingan.

1. Sempat tegang memasuki lapangan

Indonesia ke Final Uber Cup 2024, Komang Ayu: Saya BanggaKomang Ayu Cahya Dewi bawa tim beregu putri Indonesia ke final Uber Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Komang Ayu yang bertanding di partai kelima melawan Kim Min Sun, mengemban tugas berat. Maklum, kedudukan antara Indonesia dan Korea Selatan masih imbang 2-2.

Atlet berusia 22 tahun itu tak menampik, dirinya merasa tertekan saat pertama kali memasuki lapangan untuk berlaga hari ini.

"Jujur tadi di bawah tekanan saat masuk lapangan, pressure-nya sangat tinggi karena ini penentuan. Dan rasa ingin membuktikan kami besar jadi rasa tegangnya juga besar," kata Komang Ayu.

2. Menang rubber game dan bawa Indonesia ke final

Indonesia ke Final Uber Cup 2024, Komang Ayu: Saya BanggaKomang Ayu Cahya Dewi bawa tim beregu putri Indonesia ke final Uber Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Komang Ayu menang atas Kim Min Sun melalui rubber game dengan skor 17-21, 21-16, 21-19.

Duel ini tak berlangsung mudah bagi Komang. Saat masih berusaha menenangkan diri dengan tekanan bermain sebagai tunggal penentu, Komang sempat terbawa permainan lawan di gim pertama.

"Di gim pertama saya benar-benar terbawa suasana dan pola permainan lawan. Setelah itu pelatih bilang untuk fokus ke permainan saya di lapangan, jangan terpengaruh situasi yang ada (laga penentuan)," kata Komang Ayu.

3. Akhiri penantian 16 tahun Indonesia

Indonesia ke Final Uber Cup 2024, Komang Ayu: Saya BanggaTim beregu putri Indonesia ke final Uber Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Sehari sebelumnya, tunggal putri muda Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo memastikan kemenangan skuad Garuda 3-0 atas Jepang dan melaju ke semifinal. Torehan tersebut mencatatkan sejarah karena memastikan Indonesia melaju ke empat besar Uber Cup pertama kali setelah 14 tahun.

Kali ini, giliran Komang Ayu mencatatkan sejarah untuk Indonesia. Kemenangan mengakhiri penantian Indonesia selama 16 tahun untuk kembali mentas di final Uber Cup.

"Saya emosional banget, terharu dan sekali saya bangga sama semua yang ada di tim," kata Komang.

Pada pertandingan final, Indonesia akan berduel melawan tuan rumah, China. Komang Atu berharap pada edisi kali 2024 ini menjadi waktu untuk Indonesia juara di Uber Cup.

"Besok di final melawan China, kita istilahnya kan underdog, jadi besok kita harus nothing to lose dan do best saja. Semoga Tuhan mengizinkan kita juara," kata Komang Ayu.

Baca Juga: PBSI: Performa Lawan Jepang Jadi Modal Lawan Thailand di Uber Cup 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya