Ini Kata Fajar/Rian soal Sering Service Error di Australia Open 2023

Bukan karena tegang

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menjadi sorotan saat menjalani turnamen Australia Open 2023 pekan lalu. Keduanya kerap melakukan service error saat pertandingan sehingga berbuah angka bagi lawan.

Kesulitan beradaptasi dengan karakter shuttlecock yang berbeda disebut Fajar/Rian menjadi alasan mereka kerap melakukan kesalahannya. Fajar/Rian mengaku, tegang bukan menjadi alasan kesalahan service mereka lakukan.

1. Beda karakter shuttlecock jadi alasan

Ini Kata Fajar/Rian soal Sering Service Error di Australia Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Korea Open 2023 (dok. PP PBSI)

Ditanya soal banyaknya kesalahan service yang mereka lakukan di Australia Open 2023, Fajar/Rian mengaku tidak tegang. Namun, karakter shuttlecock yang berbeda dibanding dua turnamen sebelumnya menjadi alasan Fajar/Rian gagal beradaptasi dengan cepat.

Sebelum Australia Open 2023, Fajar/Rian lebih dulu mengikuti ajang Korea Open 2023 dan Japan Open 2023.

"Mungkin (karena) perbedaannya di shuttlecock. Kita bermain di Korea Jepang itu menggunakan shuttlecock Yonex dan di Australia juga menggunakan shuttlecock Victor. Jadi touch-nya itu benar-benar berbeda. Karakter bola ini berbeda sekali dari segi servis, dari segi laju bola juga sangat berbeda, mungkin dari itu kita juga harus adaptasi lagi," kata Fajar Alfian saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung.

Baca Juga: Herry IP Sebut Ganda Putra Indonesia di Fase Roller Coaster

2. Terhenti di perempat final

Ini Kata Fajar/Rian soal Sering Service Error di Australia Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Fajar/Rian terhenti di perempat final Australia Open 2023 pekan lalu. Fajar/Rian bertekuk lutut melawan pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dalam rubber game dengan skor 16-21, 21-15, 14-21.

Kala itu, Fajar/Rian menjadi wakil terakhir Indonesia. Kekalahan Fajar/Rian membuat skuad Garuda lagi-lagi pulang tanpa gelar dari turnamen BWF.

3. Bersiap untuk kejuaraan dunia

Ini Kata Fajar/Rian soal Sering Service Error di Australia Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Kini, Fajar/Rian tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 yang akan berlangsung di Copenhagen, Denmark pada 21-27 Agustus 2023 mendatang.

Fajar/Rian akan tampil di Kejuaraan Dunia 2023 bersama tiga ganda putra Indonesia lainnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Dua kali mendapat medali perunggu di ajang tersebut, Fajar/Rian berharap bisa memperbaiki performa mereka. "Yang pasti target semua pemain kan pasti jadi yang terbaik," ujar Fajar.

Baca Juga: Update Ranking BWF: Fajar/Rian Dikejar Wakil India

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya