Jadi Juara All England, Fajar Alfian: Padahal Kami Underdog

Fajar merasa tak diunggulkan di All England 2024

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda putra Indonesia, Fajar Alfian, mengaku tak menyangka bisa meraih gelar juara All England dalam dua tahun beruntun.

Tak terlalu diunggulkan, Fajar bersama pasangan mainnya, Muhammad Rian Ardianto memenangkan titel juara usai menumbangkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam dua gim langsung dengan skor 21-16, 21-16.

Kemenangan ini menjadikan Fajar/Rian berhasil meraih back to back setelah juga mengunci gelar juara All England pada 2023 lalu. Fajar/Rian jadi ganda putra Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara dari turnamen BWF Super 1000 ini dalam dua tahun berturut-turut.

1. Merasa tak diunggulkan di All England

Jadi Juara All England, Fajar Alfian: Padahal Kami UnderdogFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangkan babak 32 besar Indonesia Masters 2024 (dok. PP PBSI)

Fajar/Rian sejatinya menempati posisi unggulan ketujuh ganda putra di All England 2024. Namun, Fajar merasa mereka tak diunggulkan untuk menjadi juara di turnamen ini.

Berbeda dengan pada edisi 2023 lalu, Fajar/Rian berstatus unggulan pertama di All England dan berhasil keluar sebagai juara sebagaimana yang diprediksi banyak pihak.

“Menurut kami, kami tidak diunggulkan di All England tahun ini karena kami datang sebagai seeded ketujuh. Jadi kayak underdog lah,” kata Fajar ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung pada Rabu (20/3/2024).

Baca Juga: Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!

2. Ngaku nyaman bermain di final

Jadi Juara All England, Fajar Alfian: Padahal Kami UnderdogFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangkan babak 32 besar Indonesia Masters 2024 (dok. PP PBSI)

Fajar mengaku sangat menikmati laga final All England 2024. Tak pasang target tinggi di turnamen Super 100 ini, Fajar mengaku tak merasa bermain di bawah tekanan.

“Jujur, kemarin si final itu saa main enjoy banget. Saya pribadi main enjoy banget. Gak ada tekanan, gak ada pressure, main saja,” kata Fajar.

3. Tak menyangka bisa jadi juara

Jadi Juara All England, Fajar Alfian: Padahal Kami UnderdogGanda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses memepertahankan gelar juara di All England 2024 (dok. PP PBSI)

Fajar/Rian mengaku tak menyangka bisa keluar sebagai juara. Apalagi mencatatkan diri sebagai ganda putra Indonesia yang berhasil mempertahankan gelar di turnamen bulu tangkis tertua di dunia tersebut selama dua tahun berturut-turut.

“Bukan pesimis, tapi kami tidak terbayangkan mau juara lagi di sini. Dalam arti, ya sudah kami main yang terbaik,” ujar Fajar Alfian.

Fajar/Rian menyusul nama legenda ganda putra yang berhasil back to back di All England 2024. Mereka adalah Christian Hadinata/Ade Chandra (1972-1973), Tjun Tjun/Johan Wahjudi (1974-1975, 1977-1980), Ricky Subgja/Rexy Mainaky (1995-1996), dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (2017-2018).

Baca Juga: Demi Olimpiade, PBSI Bakal Makin Selektif Pilih Turnamen

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya