Jonatan Christie Akui Tertekan hingga Keok di Australia Open 2023

Kubur asa naikkan peringkat dunia

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, harus angkat koper lebih awal dari Australia Open 2023. Jalani duel di babak 16 besar melawan wakil Malaysia, Ng Tze Yong, dia keok dua gim langsung dengan skor 20-22, 15-21 pada Kamis (3/8/2023).

Kekalahan ini membuat Jonatan Christie jadi wakil tunggal putra Indonesia pertama yang gugur di 16 besar Australia Open 2023. Catatan pertemuan Jonatan dan Ng Tze Yong pun tak lagi menunjukkan dominasi Jonatan.

1. Tikungan menyakitkan di gim pertama

Jonatan Christie Akui Tertekan hingga Keok di Australia Open 2023Jonatan Christie di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Menjalani gim pertama, Jonatan tak bisa menunjukkan dominasi. Unggul tipis 11-10, dia malah tertahan imbang 18-18.

Pertandingan makin sengit. Ng Tze Yong yang sempat mendapat perawatan di bagian kakinya, ternyata masih tampil menekan hingga skor tertahan 20-20.

Smash keras Ng Tze Yong pada menit 26 meluncur deras ke wilayah lapangan Jonatan dan tak bisa dikembalikan. Dia tertinggal di gim pertama ini.

Baca Juga: Pengakuan Jonatan Christie Susahnya Jinakkan Viktor Axelsen

2. Tak keluar dari tekanan

Jonatan Christie Akui Tertekan hingga Keok di Australia Open 2023Jonatan Christie di Malaysia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Menjalani game kedua, permainan Jojo, sapaan akrab Jonatan, malah memburuk. Dia sama sekali tak mampu keluar dari tekanan Ng Tze Yong hingga tertinggal jauh 3-8.

Jonatan tampak bermain lebih emosi. Sempat mendadak panas saat tertinggal 5-10, dia mampu mempertipis ketertinggalan hingga 8-10. Sayang, pukulan Ng Tze Yong menutup interval dengan skor 8-11.

Masalah pada pergelangan kaki Ng Tze Yong masih terus jadi kendala. Namun, tunggal putra muda Malaysia itu tak mengendurkan tekanannya pada Jonatan.

Jonatan tertinggal 11-18. Memanfaatkan kondisi cedera Ng Tze Yong, Jojo sempat memberi bola-bola sulit hingga Ng Tze Yong tergeletak.

Jonatan tertinggal jauh di match point hingga skor 13-20. Sempat mencuri dua angka, pukulan Jonatan Christie melebar keluar lapangan. 15-21, Jojo angkat koper dari Australia Open 2023.

3. Mengaku tertekan permainan lawan

Jonatan Christie Akui Tertekan hingga Keok di Australia Open 2023Jonatan Christie di Malaysia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Jonatan mengaku perlawanan Ng Tze Yong hari ini tak sesuai dengan ekspektasinya.

"Tadi intinya, kekalahan saya karena tak bisa keluar dari tekanan lawan," kata Jonatan.

Jonatan menyebut kekalahannya hari ini akan menjadi bekal untuk menghadapi Kejuaraan Dunia yang sudah di depan mata.

"Saya tentu kecewa karena harusnya dapat melangkah lebih lanjut di turnamen ini agar bisa mendapat poin agar ranking dunianya bisa naik," ujar atlet tepok bulu yang pekan lalu menjadi runner-up Japan Open 2023.

Sebelumnya, usai berhasil meraih temoat kedua di final Japan Open 2023, Jonatan mampu kembali masuk dalam jajaran lima besar pekan ini.

Padahal, Jonatan Christie sempat nyaris terdepak dari 10 besar dunia saat menempati ranking sembilan beberapa pekan lalu.

Baca Juga: Mantap! Jonatan Christie Merangsek ke Ranking 5 BWF

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya