Juara French Open 2023, Jonatan: Sudah Lama Saya Nantikan

World Tour Finals jadi target Jonatan selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Jonatan Christie sukses mengunci gelar juara French Open 2023 pada Minggu (29/10/2023). Jonatan mengakui, gelar ini sudah lama dinantikannya lantaran jadi gelar dari turnamen BWF Super 750 pertama dalam kariernya.

"Pertama Puji Syukur, Puji Tuhan karena ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti-nantikan," ujar Jonatan.

1. Jonatan mengaku tegang di final

Juara French Open 2023, Jonatan: Sudah Lama Saya NantikanJonatan Christie di French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Bagi Jonatan, laga final French Open 2023 bukan laga mudah. Jojo, sapaan akrab Jonatan, mengaku merasa tegang di awal-awal pertandingan dan banyak melakukan kesalahan.

Efeknya, Jonatan harus menelan kekalahan 16-21 di gim pertama.

"Tidak mudah, saya ada sedikit tegang di awal-awal laga. Banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar Jonatan.

Di gim kedua, Jonatan mengubah pola permainan yang terbukti efektif membawanya comeback dan mengunci kemenangan di dua gim terakhir dengan skor 21-15 dan 21-14.

Baca Juga: Jonatan Christie Juara French Open 2023!

2. Jawab keraguan dengan kemenangan

Juara French Open 2023, Jonatan: Sudah Lama Saya NantikanJonatan Christie keluar sebagai juara di French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Jonatan menyadari, beberapa kali tampil di laga final, penampilannya masih belum mampu mengantarnya menjadi juara. Kemenangan di French Open 2023 diakui Jonatan sempat membuatnya tak bisa berkata-kata hingga keluar lapangan.

Sedang mengalami surutnya performa, Jonatan menyadari banyak pihak mulai meragukannya. Namun, Jonatan memilih menikmati tiap proses yang harus dilakuinya.

"Di dua sampai tiga turnamen terakhir, saya tidak bermain optimal lalu banyak orang meragukan tapi balik lagi rencana Tuhan kita tidak pernah tahu," ujar Jonatan.

3. Next stop: World Tour Finals 2023

Juara French Open 2023, Jonatan: Sudah Lama Saya NantikanJonatan Christie di final French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Usai memenangkan gelar Super 750 pertamanya, target Jonatan selanjutnya adalah menembus kualifikasi BWF World Tour Finals 2023 yang akan berlangsung di Hangzhou, China pada Desember 2023 mendatang.

Masih ada dua turnamen lain yang akan diikuti Jonatan untuk dijadikan modal melaju ke World Tour Finals 2023. Yakni, Japan Masters 2023 dan China Masters 2023.

"Gelar ini pastinya menambah semangat dan motivasi saya. Berikutnya ada Japan Masters dan China Masters, saya mau fokus ke sana. Dan semoga bisa melangkah ke BWF World Tour Finals," ujar Jonatan.

Sejauh ini, baru si anak ajaib asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn yang mampu memastikan diri lolos kualifikasi World Tour Finals 2023 dari sektor tunggal putra.

Baca Juga: 5 Pertandingan Terlama Babak Semifinal French Open 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya