Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023

Ada jagoanmu?

Jakarta, IDN Times - Sepanjang 2023 menjadi masa keemasan dari sejumlah atlet nasional. Tahun ini, mereka mampu menorehkan catatan emas dan mengangkat nama Indonesia di pentas dunia.

Kepentingannya pun berbeda. Sebab, ada yang mengumpulkan poin buat tembus Olimpiade 2024, Paris, hingga hanya tampil di kompetisi berkelas. 

Berdasarkan pandangan IDN Times, berikut daftar tujuh atlet yang paling bersinar sepanjang 2023.

Baca Juga: Presiden Atletik Dunia: Tiket Olimpiade 2024 Paris Terlalu Mahal

1. Jeka Saragih

Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023Jeka Saragih saat menghadapi Lucas Alexander di UFC, Minggu (19/11/2023). (Instagram/@UFC).

Jeka Saragih merupakan salah satu petarung paling bersinar di Indonesia. Bisa dibilang, 2023 menjadi tahun emas Jeka dalam kariernya sebagai petaung.

Pada awal Februari 2023, meski kalah dari Anshul Jubli di final Road to UFC, Jeka akhirnya mendapat kontrak resmi dari Ultimate Fighting Championship. Cukup lama Jeka menunggu waktu untuk debut di UFC.

Akhirnya, pada 18 November 2023, Jeka sukses mencatatkan debut dan memastikan diri sebagai orang Indonesia pertama yang tampil di UFC, dengan menghadapi Lucas Alexander. Dalam duel itu, dia menang KO atas Lucas.

2. Megawati Hangestri Pertiwi

Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023Megawati Hangestri Pertiwi (instagram.com/megawatihangestrip)

Dari cabang olahraga voli, Megawati Hangestri Pertiwi mencuri perhatian. Aksi pevoli putri Indonesia itu berhasil memukau fans voli di Korea Selatan sepanjang 2023.

Mega bahkan tercatat dua kali menjadi MVP saat membela Daejeon ChengKwanJang Red Sparks musim 2023/2024. Ninja Berkerudung, begitu dia dijuluki fans voli Negeri Ginseng dan mulai mendapat tempat yang khusus.

Baca Juga: Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala Dunia

3. Arkhan Kaka

Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023Pemain Timnas U-17, Arkhan Kaka. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Piala Dunia U-17 yang digelar di Indonesia menjadi berkah buat Arkhan Kaka. Dia merupakan salah satu pemain paling menonjol di Timnas Indonesia U-17.

Kaka menjadi pemain paling produktif di Timnas U-17 selama main di Surabaya. Sebanyak dua gol dicetak Kaka ke gawang Ekuador dan Panama pada Piala Dunia U-17.

Dengan torehan itu, Kaka memastikan diri menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak gol ke gawang lawan di Piala Dunia U-17.

4. Rahmat Erwin Abdullah

Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023Lifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menunjukkan medali emas yang berhasil diraihnya dari kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Lifter muda Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, juga kian bersinar sepanjang 2023. Sejarah berhasil diciptakan Erwin pada 2023.

Erwin berhasil menyabet emas di Asian Games 2022, Hangzhu. Dia mencatatkan rekor baru dengan total angkatan 359 kilogram dengan rincian 158 kilogram snatch dan 201 kilogram clean and jerk.

Total angkatan Erwin berhasil memecahkan rekor yang pernah ditorehkan sepanjang Asian Games. Sementara, angkatan clean and jerk Erwin tercatat memecahkan rekor dunia.

5. Jonathan Christie

Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023Jonatan Christie keluar sebagai juara di French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Sepanjang 2023, bisa dibilang jadi tahun paling buruk buat Tim Bulu Tangkis Indonesia. Bagaimana tidak, mereka seret gelar dan para pebulu tangkis nasional tak konsisten ketika tampil di sejumlah turnamen.

Namun, anomali terjadi dalam diri Jonatan Christie. Dia menjadi salah satu pebulu tangkis yang cukup konsisten di 2023. Sebanyak tiga gelar berhasil diraih Jonatan yakni Indonesia Masters, Hong Kong Open, dan French Open.

Meski secara performa Jonatan sempat naik turun, dia juga berhasil keluar sebagai runner-up Japan Opendan lolos ke World Tour Finals 2023.

6. Desak Made Rita Kusuma Dewi

Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi (instagram.com/ifsclimbing)

Tim panjat tebing Indonesia masih memberikan prestasi yang konsisten di 2023. Tapi, ada salah satu wonderkid yang memukau di tahun ini.

Adalah Desak Made Rita Kusuma Dewi yang berhasil tampil bersinar dan konsisten sepanjang 2023. Karena konsistensinya, dia berhasil menjadi atlet putri Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade 2024, Paris. 

Tiket Olimpiade dikunci oleh Dewi setelah menjadi juara di Piala Dunia Panjat Tebing seri Bern, Swiss, Agustus 2023 lalu. Dalam kesempatan itu, Dewi berhasil mengalahkan pesaingnya, Emma Hunt, dengan catatan waktu 6,49 detik dalam nomor speed.

7. Rifda Irfanaluthfi

Kaleidoskop: 7 Atlet Indonesia Paling Bersinar Sepanjang 2023Rifda Irfanaluthfi (instagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Satu lagi atlet yang juga bersinar sepanjang 2023 adalah Rifda Irfanaluthfi. Pesenam Indonesia ini membawa kabar baik usai turun di World Artistic Gymnastics Championship di Antwerp, Belgia pada 2023 lalu.

Rifda berhasil mengunci tiket Olimpiade 2024 Paris dari ajang itu. Rifda mencetak sejarah sebagai pesenam Indonesia pertama yang bakal mentas di panggung Olimpiade.

Baca Juga: Misi Mulia Jeka Saragih Cari Penerusnya di Simalungun

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya