Kejar-kejaran Sengit 3 Ganda Putra ke Olimpiade 2024

Posisi Fajar/Rian masih belum aman

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia masih berpeluang mengirimkan dua wakil ke Olimpiade 2024 Paris. Secara peringkat, hal itu memang memungkinkan dan Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) yakin bisa terwujud.

Saat ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto paling diunggulkan karena sudah berada di delapan besar. Namun, Indonesia masih bisa mengisi satu slot lagi karena peringkat Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin terbilang bagus juga.

1. Bukan perkara mudah

Kejar-kejaran Sengit 3 Ganda Putra ke Olimpiade 2024Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di pertandingan pertama babak penyisihan grup B ganda putra BWF World Tour Finals (WTF) 2023 (dok. PP PBSI)

Sebenarnya, peluang memang masih ada buat Bagas/Fikri atau Leo/Daniel demi lolos ke Olimpiade. Tapi, mereka harus bekerja keras karena saat ini ada di peringkat 10 serta 11. Demi bisa menyodok ke delapan besar, mereka juga harus memastikan gelar di beberapa turnamen yang masuk race to Olympic.

"Semua masih berhitung. Kesempatan untuk kedua pasangan (Bagas/Fikri dan Leo/Daniel) masih sangat terbuka," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Ricky Soebagja ditemui di Pelatnas Cipayung.

Baca Juga: Misi Fajar/Rian di All England Demi Olimpiade 2024

2. Saingan juga sama Fajar/Rian

Kejar-kejaran Sengit 3 Ganda Putra ke Olimpiade 2024Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Ricky Soebagja (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebenarnya, Indonesia sedang tak bagus posisinya di ganda putra. Fajar/Rian yang ada di delapan besar, kini malah terancam terperosok karena performanya memburuk dalam beberapa turnamen terakhir.

Meski jarak antara delapan besar dengan bawahnya terbilang cukup jauh, bukan tak mungkin FajRi malah terlempar. Bagas/Fikri atau Leo/Daniel ditantang untuk bisa mengejar Fajar/Rian. Di sisi lain, Fajar/Rian juga harus memperbaiki catatannya agar bisa mendapat posisi yang aman.

"Kami harapkan mereka betul-betul bersaing secara sehat, karena peluangnya masih ada saat ini. Rankingnya kejar-kejaran," ujar Ricky.

3. Posisi Fajar/Rian juga belum aman

Kejar-kejaran Sengit 3 Ganda Putra ke Olimpiade 2024Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Posisi Fajar/Rian sebenarnya belum aman dan bisa saja tergeser lantaran kini berada di posisi zona batas kualifikasi. Saat ini, pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin yang mengoleksi 68.958 angka, mengintai Fajar/Rian dengan koleksi 74.199 poin.

Jika tergeser dari delapan besar, maka Fajar/Rian ikut bersaing dengan Bagas/Fikri dan Leo/Daniel. Sebab, jika tidak berada dalam jajaran delapan besar, tiap negara hanya diizinkan mengirim satu wakil untuk bertanding di Olimpiade.

Baca Juga: PBSI Tagih Komitmen Kevin/Marcus

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya