Keren! Aldila/Kato Tembus Babak Kedua US Open 2023

Samakan catatan sejarah Yayuk Basuki

Jakarta, IDN Times - Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi kembali memberi kabar baik. Tampil di sektor ganda putri, Aldila dan pasangannya asal Jepang, Miyu Kato, melenggang mulus ke babak kedua Grand Slam US Open 2023.

Di babak pertama, Aldila/Kato mengalahkan pasangan Ekaterina Alexandrova (Rusia)/Aliaksandra Sasnovich (Belarus). Dia menang straight set 7-5, 6-3 dalam waktu 78 menit di Billie Jean King National Tennis Center New York.

1. Kali keempat lolos babak pertama Grand Slam

Keren! Aldila/Kato Tembus Babak Kedua US Open 2023Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi jalani debut di Australian Open 2022. (instagram.com/dila11)

Aldila/Kato yang merupakan unggulan ke-15, menfulangi prestasi yang sama pada tahun lalu di ajang US Open. Pada edisi 2022, pasangan ini mengalahkan Latisha Chan/Samantha Stosur.

Ini juga jadi kali keempat Aldila/Kato lolos babak pertama Grand Slam untuk sektor ganda putri. Sebelumnya Aldila/Kato menembus babak serups di Australian Open, French Open, dan Wimbledon.

Baca Juga: Aldila Sutjiadi Buat Sejarah, Lolos ke Semifinal Wimbledon 2023

2. Samai rekor Yayuk Basuki

Keren! Aldila/Kato Tembus Babak Kedua US Open 2023Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi jalani debut di Australian Open 2022. (instagram.com/dila11)

Pencapaian kali ini menyamai rekor yang sebelumnya ditorehkan petenis legendaris Indonesia, Yayuk Basuki, yang juga memenangkan babak pertama di empat Grand Slam pada tahun yang sama.

Melansir ANTARA, Yayuk tercatat tak pernah kalah di babak pertama ganda putri selama tiga tahun beruturut-turut, yakni pada 1996, 1997, dan 1998.

Selanjutnya, Aldila/Kato akan menghadapi pemenang pertandingan antara wakil tuan rumah Emma Navarro/Peyton Stearns melawan Heather Watson (Inggris)/Anna Danilina (Kazakhstan).

3. Tampil di sektor ganda campuran juga

Keren! Aldila/Kato Tembus Babak Kedua US Open 2023Aldila Sutjiadi (ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa)

Aldila turun di dua sektor dalam US Open 2023. Dia juga tampil di sektor ganda campuran bersama Rohan Bopanna (India).

Rohan Bopanna/Aldila Sutjiadi akan jalani laga pertama melawan pasangan Andreas Mies (Jerman)/Vera Zvonareva (Rusia) pada Kamis (31/8/2023).

Sebelumnya, saat mengikuti Wimbledon dan French Open 2023, Aldila berduet dengan wakil Belanda, Matwe Middlekoop.

Baca Juga: [WANSUS] Aldila Sutjiadi, Srikandi Tenis yang Harumkan Nama Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya