Keren! Rio Waida Lolos Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris

Olimpiade kedua untuk Rio Waida

Jakarta, IDN Times - Peselancar putra Indonesia, Rio Waida, memastikan diri tampil di Olimpiade 2024 Paris. Rio lolos kualifikasi usai mengikuti ajang kualifikasi terakhir, International Surfing Association (ISA) World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico, Minggu (3/3/2024) dini hari WIB.

Rio mengunci tempat di Olimpiade usai menuntaskan babak Repechage 10 sebagai urutan kedua dengan catatan 10,93 poin. Angka tersebut membawa Rio melaju ke Repechage 11.

1. Tujuan Rio tercapai

Keren! Rio Waida Lolos Kualifikasi Olimpiade 2024 ParisRio Waida (instagram.com/riowaida_)

Rio Waida tak bisa menyembunyikan rasa bahagiannya bisa mengantongi tiket Olimpiade 2024 Paris. Bagi Rio, hasil ini membuat tujuannya berlaga di World Surfing Games 2024 tercapai.

"Ini luar biasa. Ini Indah. Itulah alasan kenapa saya datang ke ajang ini," kata Rio mengutip laman resmi Olympic.

Baca Juga: Jelang Olimpiade, Perbakin Bakal Gelar TC di Jerman

2. Olimpiade kedua untuk Rio

Keren! Rio Waida Lolos Kualifikasi Olimpiade 2024 ParisSurfer Indonesia, Rio Waida di ajang Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Bagi Rio Waida, Paris 2024 akan jadi Olimpiade kedua. Sebelumnya, Rio debut di panggung olimpiade saat mewakili Indonesia di Tokyo 2020. Kala itu, Rio bahkan dipercaya menjadi pembawa bendera kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan.

"Terakhir saya lolos ke (olimpiade) Tokyo. Itu rasanya luar biasa, dan saya tahu saya mau melakukannya lagi kali ini," kata atlet berdarah Indonesia-Jepang tersebut.

3. Jadi wakil ketujuh Indonesia di Olimpiade

Keren! Rio Waida Lolos Kualifikasi Olimpiade 2024 ParisRio Waida (instagram.com/riowaida_)

Rio Waida jadi wakil Indonesia ketujuh yang berhasil mengunci tiket ke Olimpiade. Sejauh ini Indonesia baru punya lima cabang olahraga yang meloloskan atlet ke Olimpiade 2024 Paris yakni panahan, panjat tebing, senam, menembak, dan selancar (surfing).

Ada pun enam wakil Indonesia lainnya yang sudah mengunci tiket Olimpiade 2024 Paris adalah Arif Dwi Pangestu (panahan), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rifda Irfanaluthfi (senam), Diananda Choirunisa (panahan), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), Fathur Gustafian (menembak), dan Rio Waida (selancar).

Baca Juga: Keren! Rio Waida Kembali Cetak Sejarah untuk Indonesia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya