Keren! Rio Waida Puncaki Klasemen Selancar Dunia

Berptensi tembus WCT

Jakarta, IDN Times - Atlet selancar Indonesia, Rio Waida, meraih posisi puncak klasemen Challenger Series (CS) Liga Selancar Dunia (WSL). Melansir laman WSL, Rio menempa peringkat pertama dengan 21.050 poin.

Catatan poin Rio berjarak cukup jauh dari peringkat dua asal Italia, Leonardo Fioravanti, dengan catatab 17.665 poin. Rio berpotensi menembus gelaran World Championship Tour.

1. Rio Waida berpotensi tembus WCT

Keren! Rio Waida Puncaki Klasemen Selancar DuniaPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Rio berpotensi menembus World Championship Tour (WCT). Hal ini lantaran peselancar berdarah Indonesia-Jepang ini masuk dalam top 10 Challenger Series dan akan dipromosikan ke divisi teratas yang menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi.

"Secara hitung-hitungan mestinya masuk ya, apalagi untuk masuk WCT harus top 10 di ranking CS-nya. Tapi saya tidak berani berandai-andai memberi pernyataan sebelum ada konfirmasi resmi dari WSL," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Arya Subyakto mengutip ANTARA.

Baca Juga: Kalahkan Peselancar Nomor 1 Dunia, Rio Waida Raih Tiket 16 Besar WSL 

2. Rio Waida tuai sederet prestasi

Keren! Rio Waida Puncaki Klasemen Selancar DuniaPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Ada di puncak peringkat Challenger Series, Rio menjuarai Sydney Surf Pro 2022 nomor Open Mens di Manly Beach, Australia pada 17-24 Mei lalu.

Pada Juli 2022, peselancar berusia 22 tahun itu menjuarai Balito Pro 2022 di KwaZulu-Natal, Afrika Selatan.

Berbekal dua gelar tersebut, Rio siap tampil mengesankan lagi di Ericeira, Portugal, yang akan menjadi pemberhentian kelima dari delapan ajang Challenger Series musim ini. Gelaran tersebut akan berlangsung pada 1-9 Oktober 2022.

3. Rio Waida siap berlaga di Portugal

Keren! Rio Waida Puncaki Klasemen Selancar DuniaPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Rio sukses menembus 16 besar Olimpiade Tokyo 2020. Rio meraih perak dalam ISA World Surfing Games 2022 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, pekan lalu.

Dalam unggahan media sosial miliknya, Rio diketahui berada di Ericeira yang berada tepi pantai barat Portugal. Untuk Challenger Series di Portugal, Rio akan berkompetisi bersama rekan senegara I Ketut Agus yang juga ikut berjuang dalam memperebutkan slot Olimpiade pekan lalu.

Baca Juga: Rio Waida, Optimistis Kembali Juara di World Surf League Pantai G-Land

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya