Main Nekat, Rinov/Pitha ke Perempat Final Australia Open 2023

Rinov/Pitha tembus delapan besar

Jakarta, IDN Times - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mengunci tiket ke perempat final Australia Open 2023. Pasangan ini mampu mengalahkan wakil Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, dalam rubber game dengan skor 21-16, 17-21, 21-19 di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Kamis (3/8/2023).

Rinov/Pitha mampu keluar dari lubang jarum saat menjalani gim penentuan. Main nekat jadi modal keduanya memenangkan poin kritis dan menembus babak delapan besar.

1. Kagok dengan perubahan lawan

Main Nekat, Rinov/Pitha ke Perempat Final Australia Open 2023Rinov Rinaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Rinov/Pitha main dengan nyaman di gim pertama babak 16 besar Australia Open 2023. Komunikasi keduanya pun tampak mengalir mulus di lapangan. Alhasil, mereka bisa mengunci kemenangan gim ini dengan skor 21-16.

Menjalani gim kedua, Rinov/Pitha ternyata tampil sebaliknya. Keduanya mengaku sempat tegang. Apalagi lawan mengubah pola permainan.

Sempat imbang 14-14, Rinov/Pitha yang tak siap dengan perubahan yang dilakukan lawan, terpaksa melepas gim kedua dengan skor 17-21.

"Di gim kedua saat lawan ubah pola, kami malah kurang siap," kata Pitha usai pertandingan.

Baca Juga: Rinov/Pitha Siap Makan Teman Demi Lolos Olimpiade 2024

2. Modal nekat kunci kemenangan

Main Nekat, Rinov/Pitha ke Perempat Final Australia Open 2023Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Swiss Open 2023 (dok. PP PBSI)

Game ketiga berlangsung menegangkan. Rinov/Pitha dan Chen/Tang saling adu serang. Sempat unggul 14-12, Rinov/Pitha berbalik tertinggal tipis 17-18.

Usai tertinggal, mereka main lebih hati-hati dan sabar. Namun, Rinov/Pitha juga mengaku nekat jadi satu-satunya modal mereka bisa menaklukkan lawan di poin-poin kritis.

Keputusan itu berbuah manis karena mereka tampil lebih berani dan percaya diri. Hingga akhirnya Rinov/Pitha menutup duel di Australia Open 2023 dengan kemenangan 21-19.

"Hanya di poin-poin kritis, saya dan Tari bisa main lebih tenang. Saya juga main lebih berani dan nekat saja," kata Rinov.

3. Hadapi wakil China

Main Nekat, Rinov/Pitha ke Perempat Final Australia Open 2023Rinov Rinaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Di babak delapan besar, Rinov/Pitha ditantang wakil China, Cheng Xing/Chen Fang Hui. Ini akan jadi pertemuan perdana bagi Rinov/Pitha melawan Cheng/Chen.

Di babak 32 besar, Cheng/Chen menaklukkan pasangan Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo dalam dua gim langsung dengan skor 21-19, 21-18.

Sementara di babak 16 besar, Cheng/Chen melaju mulus usai menumbangkan wakil tuan rumah, Rayne Wang/Angela Yu dengan skor 21-16, 21-10.

Di atas kertas, Rinov/Pitha terbilang lebih unggul dengan menempati ranking 17 dunia ganda campuran. Sementara pasangan Cheng/Chen menempati peringkat 33.

Baca Juga: 6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya