Menpora Dito Segera ke Aceh dan Sumut Cek Persiapan PON 2024

Sumut 60 persen siap, Aceh ada catatan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menerima Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno untuk menyampaikan perkembangan terkini soal persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang digelar 8-30 September 2024 mendatang. Dito mau tahu bagaimana kesiapan dua provinsi itu jelang pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

Demi mengetahui situasi terkini, Dito bakal mengunjungi Aceh dan Sumut pada pekan depan. Di sana, dia akan menggelar rapat koordinasi demi membahas kesiapan kedua provinsi dalam menggelar PON.

1. Sumut siap, Aceh dapat catatan

Menpora Dito Segera ke Aceh dan Sumut Cek Persiapan PON 2024Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. (Diskominfo Sumut/Veri Ardian)

Dito menyatakan, secara keseluruhan Sumut sudah siap menjadi tuan rumah PON. Tapi, Aceh punya sejumlah catatan yang harus segera dibenahi.

"Memang, Aceh ada beberapa catatan. Kami benahi semua. Tentu infrastruktur, ada renovasi beberapa venue," ujar Dito.

Baca Juga: Bertemu Menpora, Gubernur Edy Sebut Persiapan PON Sudah 60 Persen

2. Persiapan Sumut sudah 60 persen

Menpora Dito Segera ke Aceh dan Sumut Cek Persiapan PON 2024Gubernur Sumatera utara, Edy Rahmayadi di kantor Kemenpora (IDN Times/Margith juita Damanik)

Edy menyatakan pihaknya sudah siap menggelar PON. Segala persiapan, yang menyangkut infrastruktur dan hal lainnya semakin matang. Hanya saja, dia berharap ada sinkronisasi dalam realisasi penyelenggaraan anggaran PON 2024.

"Berjalan sesuai dengan rencana. Sudah 60 persen, kurang-lebih," kata Edy.

3. Bahas perencanaan anggaran

Menpora Dito Segera ke Aceh dan Sumut Cek Persiapan PON 2024Istimewa/IDN Times

Sebenarnya, dalam rapat yang digelar kemarin (25/7/2023), masalah anggaran dibahas. Perencanaan sedang disusun, agar bisa segera direalisasikan.

"Sekarang perencanaan anggaran PON 2024 sedang disusun. PON 2024 diselenggarakan di dua provinsi, yaitu Sumut dan Aceh," ujar Edy.

Baca Juga: Persiapan PON 2024, Sepatu Roda Sumut Berencana Try Out ke Taiwan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya