Menpora: Voli Harus Banyak Ikut Kejuaraan Internasional

PBVSI ingin jadi tuan rumah Piala Dunia Voli 2025

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mendorong agar cabang olahraga (cabor) Voli bisa mengikuti lebih banyak turnamen internasional kedepannya.

Hal ini diungkapkan Menpora Dito berkaca dari hasil baik yang ditorehkan timnas Voli Indonesia beberapa waktu belakangan.

"Makanya kemarin [pada saat SEA V League 2023] kita sampaikan ke federasi. Voli ini harus kita kirimkan ke banyak kejuaraan internasional," kata Dito di Kemenpora pada Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: KPK Datangi Kemenpora, Ada Apa?

1. PBVSI ingin jadi tuan rumah Piala Dunia Voli 2025

Menpora: Voli Harus Banyak Ikut Kejuaraan InternasionalPertandingan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023. (dok. Proliga 2023)

Menpora Dito mengaku sudah berbincang dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), termasuk dengan Ketua PBVSI, Imam Sudjarwo. Dalam perbincangan tersebut, Menpora mengatakan PBVSI berniat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli 2025 mendatang.

"Pak ketum juga udah melaporkan ke saya ada rencana mengajukan Indonesia untuk tuan rumah kejuaraan dunia (Voli)," ujar Dito.

Menpora Dito menegaskan, pihak pemerintah sangat mendukung rencana ini.

Baca Juga: AHY dan Anies akan Saksikan Pertandingan Voli Indonesia-Vietnam

2. Performa tim voli Indonesia dalam sorotan

Menpora: Voli Harus Banyak Ikut Kejuaraan InternasionalTim voli indoor putra Indonesia di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Performa tim Voli Indonesia sedang dalam sorotan. Semua diawali dari kejayaan timnas Voli Indonesia meraih medali emas dalam ajang SEA Games 2023 lalu.

Prestasi cabor Voli kian tersorot setelah klub Indonesia Jakarta Bhayangkara Presisi menjadi runner up dalam ajang Asian Club Championship 2023.

Prestasi dilanjutkan oleh timnas Voli Putra Indonesia yang berhasil menembus peringkat enam AVC Challenge Cup 2023 di Taiwan. Paling baru, tim voli putra Indonesia berhasil keluar sebagai juara seri pertama SEA V League 2023 yang berlangsung di Sentul, Bogor.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepatu Voli untuk Pria dengan Kualitas Terbaik

3. Agenda turnamen terdekat untuk tim voli Indonesia

Menpora: Voli Harus Banyak Ikut Kejuaraan InternasionalTimnas Voli Indonesia putra raih medali emas di SEA Games 2019. (Instagram/@diozulfikri).

Terdekat, timnas putra dan putri voli Indonesia bakal mentas di seri kedua SEA V League 2023. Ajang ini diagendakan berlangsung pada 28-30 Juli 2023 di Filipina.

Setelahnya, skuad Garuda akan tampil di Kejuaraan Asia 2023 pada 19-26 Agustus 2023 mendatang. Anak-anak asuh Jeff Jiang Jie ini juga diagendakan mewakili Merah-Putih di ajang Asian Games 2022 pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Hangzhou, China.

Baca Juga: Teka-teki Hadiah di LHKPN Menpora Dito, dari Mana?

Baca Juga: Daftar Skuad Timnas Voli Putra Indonesia di SEA V League 2023

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya