MotoGP Mandalika 2023 Beri Dampak ke Ekonomi dan Pariwisata

Dinilai lebih baik ketimbang tahun lalu

Jakarta, IDN Times - Sukses penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2023 Mandalika tak hanya berdampak baik bagi nama Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara, namun juga memicu ekonomi dan pariwisata di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 ini memang menjadi ajang yang sangat mendukung sport tourism di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Jadi selain balapannya sukses, pariwisata dan ekonomi juga ikut terpacu," kata Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA), Priandhi Satria dalam keterangan tertulis.

1. Sukses penyelenggaraan MotoGP Mandalika

MotoGP Mandalika 2023 Beri Dampak ke Ekonomi dan PariwisataSuasana saat event MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berlangsung pada Sabtu (19/3/2022). (IDN Times/Uni Lubis)

Usai digelar pada 13-15 Oktober 2023 lalu, MotoGP Mandalika melampaui target yang ditetapkan. Ajang bergengsi dunia tersebut sukses menarik 103 ribu kunjungan penonton. Angka ini jauh diatas target awal yakni 80 ribu kunjungan.

Priandhi mengatakan keberhasilan ini jadi bukti Indonesia mampu menghadirkan event sekelas MotoGP dengan sukses.

"Para pembalap pun menyampaikan langsung bahwa kualitas sirkuit di Mandalika sangat baik, bahkan menjadi salah satu yang terbaik dari seluruh seri. Untuk usia sirkuit yang baru 1,5 tahun, saya sangat bangga kepada seluruh pihak yang sudah membantu mensukseskan event ini,” kata Priandhi.

Baca Juga: Libatkan UMKM dalam MotoGP Mandalika, Pertamina Dorong UMKM Go Global

2. Berdampak positif bagi ekonomi dan pariwisata

MotoGP Mandalika 2023 Beri Dampak ke Ekonomi dan PariwisataUMKM Binaan PT Pertamina (Persero) di ajak MotoGP Mandalika 2023. (dok. Pertamina)

Kesuksesan Indonesia GP 2023 juga merambat keluar dari aspek balapan. Kontribusi terhadap ekonomi dan pariwisata, dengan penyerapan ribuan tenaga kerja lokal NTB dan bergeliatnya industri pariwisata setempat, turut menunjang perekonomian nasional.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sebagai perusahaan pengembang dan pengelola kawasan pariwisata, optimistis kontribusi Indonesia GP 2023 terhadap perekonomian nasional meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kami optimistis dampak ekonomi nasional dari perhelatan MotoGP dapat melebihi capaian tahun lalu, yakni lebih dari Rp 4,5 triliun,” kata Direktur Utama ITDC, Ari Respati.

3. Lebih baik ketimbang tahun lalu

MotoGP Mandalika 2023 Beri Dampak ke Ekonomi dan PariwisataSuasana saat event MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berlangsung pada Sabtu (19/3/2022). (IDN Times/Uni Lubis)

Menteri BUMN Erick Thohir meyakini pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur telah dilakukan oleh BUMN, yang turut menyumbangkan dampak pada suksesnya penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023.

"Saya optimistis MotoGP Mandalika 2023 akan memberikan multiplier effect yang lebih luas” kata Erick Thohir.

Presiden Direktur Dyandra & Co. Daswar Marpaung mengungkapkan, kesuksesan penyelenggara Indonesian GP 2023 turut mengangkat gengsi Indonesia di mata dunia.

Menurut Daswar, kehadiran side event yang meriah tahun ini turut menunjang antusiasme tinggi dari penonton yang hadir. Side event juga dinilai menjadi ajang UMKM untuk mengangkat usahanya ke panggung dunia.

Baca Juga: Omzet UMKM Naik 53 Persen di Ajang MotoGP Mandalika 2023

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya