PBSI Kasih Penanganan Khusus ke Rinov yang Stres

Rinov Rivaldy sempat alami gangguan pada mentalnya

Jakarta, IDN Times - Anggota ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy, sempat menjadi pusat perhatian karena pengakuannya. Rinov merasa mentalnya terganggu dan berniat untuk rehat dari turnamen bulu tangkis yang tengah berjalan.

Keputusan mengejutkan, mengingat Rinov masih bertarung dalam race to Olympic. Banyak poin yang dipertaruhkan dan Rinov masih punya peluang buat lolos dengan pasangannya, Pitha Haningtyas Mentari.

Lantas, bagaimana sikap PBSI?

1. Tim Ad Hoc bantu atasi masalah Rinov

PBSI Kasih Penanganan Khusus ke Rinov yang StresHumas tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade 2024 Paris, Yuni Kartika (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tim Ad Hoc Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menegaskan siap membantu masalah yang dihadapi Rinov. Saat ini, psikolog telah mendampingi Rinov untuk memulihkan kondisi mentalnya. Trik serupa juga diberikan kepada pebulu tangkis dengan masalah yang sama.

"Mental ini kan dorongannya juga ada dari diri sendiri dan luar. Nanti harus bisa melawan keadaan dan dirinya sendiri, sampai sejauh mana. Tapi, kami akan tetap bantu secara maksimal," kata Humas tim Ad Hoc PBSI, Yuni Kartika, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Skuad BATC 2024 Diisi Pelapis, PBSI: Sudah Berpengalaman!

2. Keputusan akhir dikembalikan pada atlet

PBSI Kasih Penanganan Khusus ke Rinov yang StresRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Masalah ini membuat nama Rinov tak masuk dalam entry by name All England 2024. Tentu, menjadi sebuah kehilangan besar buat Rinov, lantaran All England merupakan ajang BWF Super 1000 terakhir kualifikasi Olimpiade 2024.

Yuni menyatakan PBSI tak bisa memaksakan Rinov main. Sebab, keputusan ikut turnamen atau tidak, bergantung pula pada kesiapan atlet. PBSI, menurutnya, hanya bertugas memberikan pendampingan dalam kondisi yang dialami Rinov.

"Plus-minusnya kami sajikan. Bagaimana pun mereka yang main. Mereka yang akan menjalani. Kami berusaha memberikan semangat seperti itu. Bukan gak boleh, tapi tetap keputusan di atlet. Kami akan memberi pertimbangan," ujar Yuni.

3. Rinov berniat ambil jeda turnamen

PBSI Kasih Penanganan Khusus ke Rinov yang StresRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Rinov sebelumnya berniat rehat sementara mengikuti turnamen bulu tangkis. lni menjadi opsi yang dipikirkannya lantaran merasa mentalnya terganggu. Hal itu semakin dirasakannya usai melakoni Thailand Masters 2024 pekan lalu.

"Terutama dari saya sendiri, dalam pertandingan ini mental saya drop banget, sehingga tidak bisa mengembangkan permainan. Setelah ini, saya akan berkomunikasi dahulu dengan pelatih. Saya akan bicara dulu. Kalau mental saya memang lagi drop, mungkin jangan ikut pertandingan dahulu," ujar Rinov.

Baca Juga: Mental Drop, Rinov Rivaldy Berniat Tak Ikut Turnamen Dulu

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya