PBSI Kejar Tiket Olimpiade untuk Bagas/Fikri dan Rinov/Pitha

Turun bertanding di Swiss Open 2024

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) masih mengejar tiket kualifikasi Olimpiade untuk dua nomor. Mereka ingin Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (ganda putra) dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran) bisa mentas di multievent bergengsi itu. 

Alhasil, Bagas/Fikri dan Rinov/Pitha diturunkan dalam ajang Swiss Open 2024 pekan ini dan beberapa turnamen lainnya.

Hal ini disampaikan Public Relation Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 PBSI, Yuni Kartika.

"Kami juga masih mengusahakan untuk mengambil kesempatan menambah wakil dari ganda putra yaitu Bagas/Fikri dan ganda campuran Rinov/Pitha," ujar Yuni Kartika dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/3/2024).

1. Rinov/Pitha berebut tempat dengan wakil Singapura

PBSI Kejar Tiket Olimpiade untuk Bagas/Fikri dan Rinov/PithaRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Menurut Yuni Kartika, Rinov/Pitha bersaing dengan pasangan Singapura Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica untuk menempati peringkat 13 race to Olympic. Aturan yang berlaku mengizinkan tiap negara mengirimkan satu wakil sektor ganda ke Olimpiade jika menempati daftar 13 besar klasemen race to Olympic.

Saat ini, Rinov/Pitha berada di peringkat ke-15 sementara Terry/Jessica berada di peringkat ke-16. Rinov/Pitha punya peluang menempati posisi ke-13 race to Olympic, tetapi mereka hanya terpaut 224 poin saja.

Yuni memastikan peluang Rinov/Pitha terbilang lebih besar karena mereka masih akan berlaga di dua turnamen tur Eropa yang tersisa.

"Rinov/Pitha ada peluang karena main di Swiss (Open) dan Spain Masters dengan target juara atau minimal finalis. Sementara pasangan Singapura hanya ikut Swiss Open," kata Yuni.

Baca Juga: KOI: 2 Gelar All England Jadi Suntikan Semangat ke Olimpiade 2024

2. Bagas/Fikri ingin susul Fajar/Rian

PBSI Kejar Tiket Olimpiade untuk Bagas/Fikri dan Rinov/PithaBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berlaga di All England 2024 (dok. PP PBSI)

PBSI masih ingin mengupayakan ganda putra bisa mengirim dua wakil ke Olimpiade 2024 Paris. Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sudah lebih dulu mengamankan tiket dengan menempati ranking delapan besar race to Olympic.

Berdasarkan aturan, tiap negara diizinkan mengirimkan maksimal dua wakil sektor ganda hanya punya dua pasangan di peringkat delapan besar race to Olympic. Sementara, pasangan Bagas/Fikri saat ini berada di ranking sembilan.

Bagas/Fikri hanya terpaut 3.329 poin dari pasangan urutan delapan asal China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi

"Bagas/Fikri berebut peringkat delapan dengan pasangan China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Di Swiss Open (Bagas/Fikri) harus juara atau finalis," ujar Yuni.

3. Akan turun hingga Kejuaraan Asia

PBSI Kejar Tiket Olimpiade untuk Bagas/Fikri dan Rinov/PithaRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Yuni Kartika memastikan, Rinov/Pitha dan Bagas/Fikri akan terus diturunkan dalam turnamen hingga Kejuaraan Asia yang akan berlangsung pada 9-14 April 2024. Ajang ini sekaligus jadi turnamen penutup kualifikasi cabang olahraga bulu tangkis untuk Olimpiade 2024 Paris.

Bagas/Fikri bahkan dipasang target tinggi di Kejuaraan Asia 2024 mendatang. "Dan Kejuaraan Asia targetnya semifinal," ujar Yuni soal target untuk Bagas/Fikri.

Baca Juga: Bagas/Fikri Bagikan Resep Pulangkan Pasangan Nomor 1 Dunia 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya