PBSI Prioritaskan Bagas/Fikri Dampingi Fajar/Rian ke Olimpiade Paris

Bagas/Fikri harus amankan tempat di delapan besar

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade 2024 Paris, Fadil Imran, mengatakan ganda putra bulu tangkis diharapkan bisa meloloskan dua pasangan ke Paris 2024. Selain Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto, pasangan muda Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi prioritas PBSI menembus Paris 2024.

Artinya, Bagas/Fikri harus mengamankan tempat di delapan besar Race to Paris 2024 bersama Fajar/Rian, untuk menjadi ganda putra kedua Indonesia di Olimpiade. Di sisi lain, peringkat Bagas/Fikri sebenarnya tak selisih jauh dengan pasangan muda lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga: Kerahkan Legenda, Ini Target Tim Ad Hoc PBSI di Olimpiade 2024 Paris

1. Bagas/Fikri diproyeksikan ke Olimpiade

PBSI Prioritaskan Bagas/Fikri Dampingi Fajar/Rian ke Olimpiade ParisKetua Tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade 2024 Paris, Fadil Imran (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Indonesia menurunkan dua ganda putra muda yang masih potensial mengambil slot ke Olimpiade 2024 Paris, untuk berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin turun memperkuat tim beregu putra.

Kedua pasangan akan mendapatkan poin dari BATC 2024 yang juga menjadi salah satu turnamen penghitungan poin untuk kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Fadil menegaskan, dari dua pasangan muda ganda putra Indonesia itu, hanya Bagas/Fikri yang diprioritaskan menembus Olimpiade.

"Leo/Daniel belum (prioritas Olimpiade). Kita prioritaskan Bagas/Fikri," kata Fadil ditemui usai menjadi pembicara dalam seminar bertajuk "Menjaga Tradisi Emas Olimpiade" di Ancol, Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

2. Ranking Bagas/Fikri selisih tipis dengan Leo/Daniel

PBSI Prioritaskan Bagas/Fikri Dampingi Fajar/Rian ke Olimpiade ParisLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin di BATC 2024 (dok. PP PBSI)

Selisih ranking Bagas/Fikri dan Leo/Daniel terbilang tipis. Pada klasemen Race to Paris 2024 versi BWF, Bagas/Fikri berada di peringkat 10 ganda putra dengan capaian 65.480 poin.

Sementara, Leo/Daniel menyusul persis satu peringkat di bawah Bagas/Fikri. Pasangan The Babies, begitu Leo/Daniel akrab dijuluki, mengantongi 62.559 poin dan berada di peringkat 11.

3. Harus delapan besar untuk kirim dua wakil

PBSI Prioritaskan Bagas/Fikri Dampingi Fajar/Rian ke Olimpiade ParisBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di BATC 2024 (dok. PP PBSI)

Berdasarkan aturan BWF, tiap negara diperkenankan mengirim maksimal dua wakil sektor ganda, jika keduanya berada di deretan delapan besar kalsemen Race to Olympic.

Artinya, sebagai ganda putra yang diprioritaskan untuk mendapingi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pasangan Bagas/Fikri harus mampu masuk jajaran delapan besar.

Di sisi lain, posisi Fajar/Rian pun berada di ujung tanduk. Fajar/Rian kini menempati ranking delapan Race to Paris 2024.

Jika Bagas/Fikri atau Leo/Daniel tak mampu masuk dalam daftar delapan besar, maka Fajar/Rian jadi satu-satunya wakil ganda putra Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Susunan Lengkap Tim Ad Hoc PBSI untuk Paris 2024

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya