PBSI Tagih Komitmen Kevin/Marcus

Kevin/Marcus nyaris dua bulan absen latihan

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Ricky Soebagja, buka suara soal pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang belakangan menghilang dari Pelatnas Cipayung. Ricky menegaskan, PBSI akan meminta komitmen Kevin/Marcus selaku penghuni pelatnas PBSI Cipayung.

Sudah cukup lama Duo Minions menghilang dari Pelatnas Cipayung. Keduanya sudah nyaris dua bulan tak terlihat di Pelatnas Cipayung.

Awalnya, pelatih ganda putra, Aryono Miranat, menyatakan Kevin/Marcus sedang berlibur. Namun, ketika masa libur berakhir justru keduanya belum kembali.

1. Minta komitmen Kevin/Marcus

PBSI Tagih Komitmen Kevin/MarcusKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (IDN Times/PBSI)

Dengan kondisi itu, PBSI kini menagih komitmen Kevin/Marcus di Pelatnas Cipayung. Ricky paham dengan reputasi Kevin/Marcus, namun komitmen menjadi hal terpenting, ketimbang prestasi keduanya.

"Ini akan kami bicarakan komitmennya. Segera juga komunikasi. Apapun kondisinya, mereka punya prestasi luar biasa. Tapi, kan kami juga butuh komitmen dari pemainnya sendiri di pelatnas ini," ujar Ricky ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung pada Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: PBSI Belum Bisa Pastikan Nasib Kevin/Marcus, Masih Lanjut?

2. Semua penghuni Pelatnas punya kewajiban yang sama

PBSI Tagih Komitmen Kevin/MarcusKepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Ricky Soebagja (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kevin/Marcus masih masuk dalam daftar penghuni Pelatnas PBSI dari sektor ganda putra Indonesia. Sejak awal 2024 lalu, keduanya tampak jarang bahkan nyaris tak pernah tampak berlatih bersama skuad ganda putra.

Padahal, pasangan yang cuma berstatus sparring partner di Pelatnas Cipayung, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, masih rutin mengikuti latihan. Hendra/Ahsan juga tak kalah mentereng prestasinya.

Bahkan, Hendra bersama Markis Kido sempat jadi juara Olimpiade di 2008 silam. Bersama Ahsan, Hendra sempat jadi juara dunia tiga kali pada 2013, 2015, dan 2019. Catatan ini tak pernah diraih oleh Kevin/Marcus

"Mereka masih ada di SK, harapannya sesegera mungkin bisa ketemu. Siapapun yang masuk dalam SK harus mengikuti latihan dan aturan di sini," kata Ricky.

3. Pelatih bantah Kevin/Marcus diistimewakan

PBSI Tagih Komitmen Kevin/MarcusKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Denmark Open 2022 (Twitter.com/INABadminton)

Sejak awal 2024, Kevin/Marcus belum diturunkan untuk mengikuti turnamen. Aryono memastikan keduanya masih libur latihan, meski nyaris semua pemain, kecuali yang cedera, sudah ikut latihan.

"Ya boleh dibilang libur latihan. (Sampai kapan) nanti saya akan pastikan. Belum (tahu kapan kembali latihan). Dulu kan mereka pernah jadi nomor satu rankingnya ya. Pemain-pemain lain juga segan sama mereka. Bukan kami (memberi) special treatment, menghargai mereka," kata Aryono.

Baca Juga: Pelatih Sebut Kevin/Marcus Bisa Dicerai Sebelum Olimpiade Paris

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya