Rekap Wakil Indonesia di Tur Eropa, 2 Gelar dari 5 Turnamen

Indonesia raih 2 gelar juara dan 3 gelar runner-up

Jakarta, IDN Times - Gelaran tur Eropa 2023 berakhir sudah. Indonesia membawa pulang dua gelar juara dari lima turnamen bulu tangkis yang dilakoni sepanjang tur Eropa berlangsung.

Skuad Garuda juga berhasil meraih tiga gelar runner-up dari lima ajang yang sudah bergulir. Kelima turnamen tersebut adalah German Open 2023, All England 2023, Swiss Open 2023, Spain Masters 2023, dan Orleans Masters 2023.

Baca Juga: Rekap All England 2023: All Indonesian Final di Ganda Putra

1. All Indonesia final di All England 2023

Rekap Wakil Indonesia di Tur Eropa, 2 Gelar dari 5 TurnamenFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara All England 2023 (dok.PP PBSI)

Gelar pertama tim Indonesia di rangkaian tur Eropa diraih dari ajang All England 2023. Skuad Merah-Putih meraih gelar juara dan runner-up dari ajang bulu tangkis tertua di dunia itu lewat sektor ganda putra.

Laga final dramatis tersaji di sektor ganda putra yang mempertemukan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Lakoni laga puncak, Fajar/Rian berhasil meraih gelar juara All England pertama mereka usai menang dua game langsung, 21-17, 21-14. Hendra/Ahsan otomatis keluar sebagai runner-up dari ajang BWF Super 1000 ini.

Baca Juga: 11 Perubahan Peringkat Atlet Indonesia Usai Spain Masters 2023

2. Catatan manis Gregoria Mariska dan Praveen/Melati di Spain Masters 2023

Rekap Wakil Indonesia di Tur Eropa, 2 Gelar dari 5 TurnamenGregoria Mariska Tunjung jadi juara di Spain Masters 2023 (instagram.com/gregoriamrska)

Gregoria Mariska Tunjung mencetak sejarah di Spain Masters 2023 dengan meraih gelar perdana dari ajang BWF World Tour sepanjang kariernya. Gelar ini sekaligus jadi gelar juara kedua yang diraih skuad Merah-Putih di sepanjang tur Eropa.

Gregoria Mariska memenangkan gelar juara usai menumbangkan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 asal India, Pusarla V. Sindhu.

Tampil nyaris sempurna, Gregoria Mariska menang telak dua game langsung dengan skor kembar 21-8, 21-8 dan untuk pertama kalinya juga, Gregoria naik ke podium sebagai juara.

Di ajang yang sama, Indonesia juga mengantongi status runner-up lewat pasangan non-pelatnas Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Ganda campuran binaan PB Djarum itu kalah 20-22, 18-21 di laga final melawan unggulan Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje.

Baca Juga: Dramatis, Bagas/Fikri Tembus Final Orleans Masters 2023

3. Bagas/Fikri amankan gelar runner up

Rekap Wakil Indonesia di Tur Eropa, 2 Gelar dari 5 TurnamenBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi runner up di Orleans Masters 2023. (instagram.com/b.maulana7)

Gelar runner-up terakhir yang dikantongi Indonesia dari rangkaian tur Eropa diamankan ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Jadi satu-satunya wakil Merah-Putih di babak final, Bagas/Fikri jadi terbaik kedua usai tumbang melawan wakil China, Chen Bo Yang/Liu Yi dua game langsung dengan skor 19-21, 17-21.

Hasil ini sekaligus hasil paling baik yang ditorehkan Bagas/Fikri setelah menjadi juara di ajang All England 2022 lalu.

Baca Juga: Gregoria Mariska Tunjung Juara Spain Masters 2023

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya