Selain Erick Thohir, 5 Menteri Jokowi Jadi Ketum Federasi Olahraga

Ada enam menteri Jokowi yang jadi ketua umum federasi

Jakarta, IDN Times - Nama Erick Thohir belakangan jadi perbincangan setelah terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. Salah satu sebab Erick jadi sorotan adalah lantaran statusnya yang merupakan bagian dari kabinet Indonesia Maju yang dipimpin presiden Joko "Jokowi" Widodo. Erick menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Namun, Erick bukan satu-satunya menteri kabinet Jokowi yang menjadi kepala dari federasi olahraga di tanah air. Selain Erick, ada lima menteri lain yang juga menduduki kursi tertinggi dalam berbagai cabor di Indonesia.

1. Prabowo Subianto - Pencak silat

Selain Erick Thohir, 5 Menteri Jokowi Jadi Ketum Federasi OlahragaPresiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto (kanan) saling berpelukan di sela menyaksikan Pencak Silat Asian Games 2018 di di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. (ANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah)

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) periode 2021-2025. Ini bukan kali pertama Prabowo menjadi pimpinan di federasi tersebut.

Bahkan, sejak sebelum menjabat sebagai menteri, Prabowo sudah aktif mengurusi PB IPSI. Sederet prestasi juga ditorehkan tim pencak silat Indonesia termasuk di ajang Asian Games 2018 lalu.

Baca Juga: Teknologi FIFA Bisa Bantu PSSI Sikat Mafia Bola di Indonesia

2. Airlangga Hartarto - Wushu

Selain Erick Thohir, 5 Menteri Jokowi Jadi Ketum Federasi OlahragaAirlangga Hartarto saat acara pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021. (dok. Pribadi/Ketum Wushu Airlangga Hartarto)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto juga jadi salah satu menteri kabinet Indonesia Maju yang menduduki jabatan ketua umum pada federasi olahraga di Indonesia. Airlangga kini juga berstatus sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Wushu Indonesia (PBWI).

Airlangga kembali terpilih untuk memimpin PB WI untuk periode 2022-2026. Sebelumnya, Airlangga memimpin PBWI sejak 2017 hingga 2021 silam. Saat ini, Wushu terus berusaha untuk bisa masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade Paris 2024 mendatang.

3. Luhut Binsar Pandjaitan - Atletik

Selain Erick Thohir, 5 Menteri Jokowi Jadi Ketum Federasi OlahragaMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, juga menjadi ketua umum salah satu cabang olahraga di tanah air. Luhut terpilih menjadi Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) periode 2021-2025.

Luhut menggantikan posisi almarhum Bob Hasan. Ini bukan federasi pertama yang dipimpin oleh Luhut. Sebelumnya, Luhut pernah menjadi Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI).

4. Hadi Tjahjanto - Karate-Do

Selain Erick Thohir, 5 Menteri Jokowi Jadi Ketum Federasi OlahragaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Hadi Tjahjanto, menjadi Ketua umum dari FORKI untuk periode 2019-2023. Melansir ANTARA, nama Hadi diusulkan oleh 26 pengurus provinsi dan 17 perguruan yang masuk dalam anggota FORKI.

Hadi terpilih dan dilantik ketika masih berstatus sebagai Pangilma TNI. Ya, Hadi memang baru resmi dilantik sebagai menteri pada Juni 2022 lalu.

5. Basuki Hadimuljono - Dayung

Selain Erick Thohir, 5 Menteri Jokowi Jadi Ketum Federasi Olahraga(Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) www.twitter.com/@BPSDM_PUPR

Nama menteri kabinet Indonesia Maju lainnya yang masuk dalam jajaran ketua umum federasi olahraga adalah Basuki Hadimuljono. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) periode 2021-2025.

Basuki terpilih secara aklamasi yang disetujui dalam Musyawarah Nasional (Munas) PODSI pada 2021 lalu. Ini bukan kali pertama Basuki memimpin PODSI. Jabatan yang sama pernah diisi Basuki pada periode 2015-2020.

6. Erick Thohir - Sepak bola

Selain Erick Thohir, 5 Menteri Jokowi Jadi Ketum Federasi OlahragaKetum PSSI, Erick Thohir (kiri), Kapolri Listyo Sigit (tengah), dan waketum PSSI Zainudin Amali (kanan). (Dok. PSSI)

Nama menteri kabinet Indonesia Maju terbaru yang juga menjabat sebagai ketua umum federasi olahraga adalah Erick Thohir. Menteri BUMN ini terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027 pada 16 Februari 2023 lalu.

Erick unggul atas La Nyalla Mattalitti dengan selisih 42 suara. Erick meraih 64 suara sedangkan La Nyalla meraih 22 suara.

Erick terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI menggantikan Mochamad Iriawan yang mundur dari jabatannya setelah tragedi Kanjuruhan pada 2022 lalu.

Baca Juga: Shin Sulit Panggil Pemain TC, Erick Thohir: Timnas Jadi Prioritas

Baca Juga: Profil Ketum PSSI Erick Thohir: Kaya Pengalaman di Sepak Bola

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya