Soal Target di Kejuaraan Beregu Asia 2024, PBSI: Lolos Grup Dulu

Skuad Indonesia berharap bisa lolos grup di BATC 2024

Jakarta, IDN Times - Pebulu tangkis muda Indonesia dipercaya mengisi skuad untuk berlaga di Kejuaraan Beregu Asia (BATC) 2024. PBSI tak langsung pasang target tinggi untuk ajang yang akan berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia pada 13-18 Februari 2024 mendatang.

PBSI berharap, skuad ini bisa lolos dari babak penyisihan grup. Apalagi, persaingan di babak penyisihan grup tak bisa dianggap remeh.

1. Target lolos dari fase grup

Soal Target di Kejuaraan Beregu Asia 2024, PBSI: Lolos Grup DuluRionny Mainaky bersama tim Indonesia berangkat ke Hangzhou, China untuk BWF World Tour Finals 2023 (dok. PP PBSI)

Sadar tak turun dengan skuad utama, PBSI tak pasang target tinggi di Kejuaraan Beregu Asia 2024. PBSI berharap Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan mampu lolos dari fase penyisihan grup.

"Kami pastinya akan terus berusaha memberikan hasil terbaik untuk lolos langsung ke Piala Thomas dan Uber tapi sekarang bagaimana targetnya lolos grup dulu," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky pada Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Daftar Skuad Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2024, Banyak Pelapis

2. Penentuan kualifikasi Piala Thomas dan Uber

Soal Target di Kejuaraan Beregu Asia 2024, PBSI: Lolos Grup DuluPutri Kusuma Wardani tumbang di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Kejuaraan Beregua Asia 2024 juga sekaligus jadi ajang kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber 2024. Jika ingin memastikan diri tampil di ajang beregu level dunia tersebut, skuad Indonesia harus lolos setidaknya hingga babak semifinal.

Ajang kejuaraan beregu tiap wilayah dijadikan sebagai kualifikasi Piala Thomas dan Uber, termasuk Kejuaraan Beregu Asia. Hanya empat negara terbaik dalam ajang tersebut yang dinyatakan auto lolos ke Piala Thomas dan Uber tiap edisinya.

3. Skuad Indonesia diisi pemain pelapis

Soal Target di Kejuaraan Beregu Asia 2024, PBSI: Lolos Grup DuluRahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di Thailand Masters 2024 (dok. PP PBSI)

PBSI menurunkan pemain pelapis untuk berlaga di Kejuaraan Beregu Asia 2024. Keputusan ini diambil lantaran skuad utama fokus mempersiapkan diri menghadapi tur Eropa pada 2024 mendatang.

Pada tur Eropa mendatang, skuad utama akan berusaha mendulang banyak poin untuk memastikan diri lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Tur Eropa akan dimulai pada akhir Februari mendatang dari ajang German Open 2024 pada 27 Februari hingga 3 Maret 2024.

Baca Juga: Gregoria Mariska Dipastikan Absen dari BATC 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya