Tim Indonesia Pecah Rekor di Track Nations Cup 2023

Skuad Indonesia tak lolos kualifikasi

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira datang dari tim pursuit putra Indonesia. Turun bertanding di UCI Track Nations Cup 2023, tim pursuit putra berhasil memecahkan rekor catatan waktu nasional.

Namun, pemecahan rekor ini tak cukup untuk membawa tim pursuit putra Indonesia untuk menembus babak utama. Skuad Garuda terhenti di peringkat ke-13 dalam babak kualifikasi.

Baca Juga: UCI Track Nations Cup 2023, Kebanggaan Indonesia dan ASEAN

1. Pecah rekor sesuai target

Tim Indonesia Pecah Rekor di Track Nations Cup 2023Tim Indonesia di ajang UCI Track Nations Cup 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pelatih tim balap sepeda Indonesia, Dadang Haris Poernomo, mengatakan, tim putra berhasil mencapai target. Ya, bukan kemenangan yang menjadi target skuad Garuda di nomor pursuit putra, melainkan memecahkan rekor catatan waktu nasional.

"Kalau dari hasil waktu sesuai target memang untuk yang putra saat ini sesuai target. Memang kami menargetkan di 04:10. Karena national record ada di 04:15," ujar Dadang.

Rekor nasional itu sebelumnya dipecahkan di Jakarta pada ajang Kejuaraan Asia 2019 lewat penampilan tim yang diisi Aiman Cahyadi, Bernard van Aert, Dealton, Nandra Eko Wahyudi, dan Projo Waseso.

Baca Juga: Hari Pertama UCI Track Nations Cup, Selandia Baru Jadi yang Tercepat

2. Tak lolos kualifikasi ke babak utama

Tim Indonesia Pecah Rekor di Track Nations Cup 2023Suasana para pebalap sepeda di Jakadta International Velodrome, jelang Tissot UCI Track Nation Cup 2023, Rabu (22/2/2023). (IDN Times/Tino)

Meski memecahkan rekor nasional, tim putra Indonesia gagal lolos dari babak kualifikasi UCI Track Nations Cup 2023. Skuad Indonesia terhenti di peringkat ke-13 dengan catatan waktu 04:10 atau lebih lambat kurang lebih 20 detik dari Selandia Baru.

Tim pursuit putra Selandia Baru menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 03:50.

Tim pursuit putra Indonesia dihuni Terry Kusuma, Oetomo Yosandy Darmawan, Dealton Nur Arif Prayogo, dan Odie Purnomo.

Baca Juga: Mick Schumacher Masih Yakin Bakal Dapat Kursi Balap Lagi di Formula 1

3. Geser tim Uzbekistan

Tim Indonesia Pecah Rekor di Track Nations Cup 2023Gelaran UCI Track Nations Cup 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Selain memecahkan catatan rekor nasional, skuad putra Indonesia juga sukses unggul atas tim Uzbekistan yang selama ini dianggap jadi saingan berat di level Asia dalam nomor pursuit putra.

"Tapi untuk yang putra, saya cukup senang walaupun kita tidak lolos karena semua harus step by step. Tidak mungkin kita push anak-anak dengan sangat drastis dan happy lagi kita sudah bisa menggeser Uzbekistan yang dirasa sebetulnya pesaing kita di level Asia untuk catatan waktu 4 menit," kata Dadang.

Dadang mengaku puas dengan hasil ini mengingat dia dan timnya hanya punya waktu kurang lebih satu bulan untuk mempersiapkan diri bertanding di ajang UCI Track Nations Cup 2023.

Baca Juga: Persib Bekuk Arema, Diwarnai Ketegangan di Akhir Laga

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya