5 Mantan Pemain Barcelona yang Bermain di NBA 2023/2024

Ada Ricky Rubio dan Joe Ingles

Tak hanya di sepak bola, FC Barcelona juga unggul di olahraga bola basket. Tim asal Catalan ini menjadi salah satu tim terkuat di Spanyol, bahkan di level EuroLeague yang mencakup tim-tim basket terkuat di Eropa. Dua gelar juara EuroLeague yang didapat pada 2003 dan 2010 menjadi buktinya.

Selain memiliki reputasi sebagai tim besar dan kuat, Barcelona juga pernah memiliki sejumlah pebasket berkualitas. Bahkan, ada lima mantan pemain Barcelona Basquet yang pada musim 2023/2024 ini bermain di ajang NBA. Siapa sajakah kelima nama yang dimaksud dan bagaimana kiprahnya? Berikut inilah daftar dan ulasannya.

1. Sasha Vezenkov gagal bersinar di Barcelona

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bermain di NBA 2023/2024Aleksandar Vezenkov tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Barcelona bukan klub terbaik yang pernah dibela Sasha Vezenkov di EuroLeague. Akan tetapi, Barcelona memilki peran yang besar bagi karier pria asal Hungaria ini. Penampilannya bersama Barcelona (2015--2018) membuat Vezenkov bisa terpilih pada NBA Draft 2017.

Namun, ia tak langsung bisa bermain di NBA kala itu. Pasalnya, belum ada tim yang ingin mengontraknya. Setelah bermain apik bersama Olympiacos dan meraih gelar EuroLeague MVP 2023, Vezenkov pun dikontrak Sacramento Kings untuk bermain di musim 2023/2024.

2. Barcelona jadi tim EuroLeague pertama bagi Dante Exum

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bermain di NBA 2023/2024Dante Exum (nba.com)

Dante Exum pernah tersingkir dari NBA karena dilepas oleh Houston Rockets pada Oktober 2021. Dua bulan kemudian, ia pun mendapatkan tawaran untuk bermain di EuroLeague bersama Barcelona. Tim asal Spanyol itu menjadi tim EuroLeague pertama yang dibela Exum sebelum pindah ke Partizan Belgrade pada 2022.

Exum sukses mendapatkan kepercayaan dirinya kembali bersama Barcelona. Ia sukses tampil hebat sebagai salah satu playmaker yang unggul dalam hal passing dan flooring. Peningkatan kariernya itu membuat pemain asal Australia ini bisa kembali dilirik tim NBA. Saat ini, Exum menjadi bagian dari Dallas Mavericks.

Baca Juga: 5 Pemain Utah Jazz yang Tampil di FIBA World Cup 2023, Ada Markkanen!

3. Ricky Rubio mendapatkan ketenaran di Barcelona

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bermain di NBA 2023/2024Ricky Rubio saat berseragam Pheonix Suns. (instagram.com/ruuufio)

Ricky Rubio sempat menunda kesempatannya bermain di NBA demi dapat bermain bersama Barcelona (2009--2011). Saat berseragam Barcelona, Rubio mampu meningkatkan performa dan mendapatkan ketenaran yang lebih besar. Bahkan, ia sukses meraih beragam gelar juara sebelum bergabung dengan Minnesota Timberwolves pada 2011.

Akan tetapi, Rubio sempat mengalami cedera parah ketika berseragam Barcelona. Hal itulah yang konon membuat Rubio sering mengalami cedera saat bermain di NBA. Pada musim ini saja, Rubio memilih untuk beristirahat dari kewajibannya membela Cleveland Cavaliers dengan alasan kesehatan mental dan pemulihan cedera yang lebih baik.

4. Luka Samanic bergabung dengan Barcelona pada usia 17 tahun

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bermain di NBA 2023/2024Luka Samanic (nba.com)

Luka Samanic memang berasal dari Kroasia. Namun, berkat bakatnya yang hebat, Samanic pun bisa memulai karier profesionalnya bersama Barcelona. Samanic bergabung dengan Barcelona pada 2017 di usianya yang baru menginjak 17 tahun.

Dengan usia semuda itu, Samanic sebetulnya kesulitan untuk bisa berkarier di tim besar. Alhasil, ia pun hanya mampu bertahan selama setahun (2017/2018). Setelah sempat membela Union Olimpia (2018/2019), Samanic pun bisa masuk ke NBA lewat NBA Draft. Saat ini, ia menjadi bagian dari tim Utah Jazz.

5. Joe Ingles tampil seimbang bersama Blaugrana

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bermain di NBA 2023/2024Joe Ingles (nba.com)

Joe Ingles gagal terpilih pada NBA Draft 2009. Pria asal Australia ini pun sempat berkarier di Eropa, salah satunya bersama Barcelona. Bersama Blaugrana, Ingles bertahan selama 3 tahun (2010--2013).

Dalam kurun waktu tersebut, pemain Orlando Magic ini tergolong memiliki performa yang hebat. Meski tak begitu menonjol soal poin, Ingles mampu menyumbang kontribusi dalam hal assist dan rebound. Itulah yang membuat Ingles selalu bermain seimbang seperti sekarang.

Pada NBA Draft 2023 lalu, sebetulnya ada pemain Barcelona yang terpilih. Dia adalah James Nnaji, center asal Nigeria yang terpilih di urutan ke-31 oleh Detroit Pistons. Namun, Nnaji tak langsung bermain di NBA karena masih terikat kontrak bersama Barcelona. Jika saja Nnaji bisa bermain di NBA musim ini, maka akan ada enam mantan pemain Barcelona di NBA sekarang.

Baca Juga: Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya