8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 

Serbia punya regenerasi pemain bagus

Intinya Sih...

  • Pebasket Serbia terkenal di NBA dan memiliki kualitas yang terpercaya, seperti Bogdan Bogdanovic dan Nikola Jokic.
  • Delapan pebasket Serbia berkarier di NBA 2023/2024, termasuk Boban Marjanovic yang menjadi pemain pelapis di Houston Rockets.
  • Vasilije Micic dan Aleksej Pokusevski menunjukkan peningkatan setelah pindah ke tim lain, sementara Filip Petrusev kesulitan beradaptasi di NBA.

Pebasket asal Serbia selalu memiliki tempat di NBA. Dari musim ke musim, pebasket Serbia hadir membela tim-tim NBA. Hal ini bisa terjadi karena pebasket Serbia memiliki kualitas yang terpercaya, baik pada masa lalu maupun masa sekarang.

Terdapat delapan pebasket asal Serbia yang berkarier di NBA 2023/2024. Mereka memiliki kualitas berbeda-beda. Ada yang menjadi bintang tim dan ada pula yang hanya menjadi pemain pelengkap. Seperti apakah performa delapan pebasket Serbia yang bermain di NBA 2023/2024 tersebut?

1. Boban Marjanovic jadi center cadangan di Houston Rockets

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Boban Marjanovic (nba.com)

Musim 2023/2024 merupakan musim kedelapan bagi Boban Marjanovic di NBA. Pemain yang memiliki tinggi 224 cm ini sudah terbiasa menjadi pemain pelapis di tim yang ia bela. Itu pun berlaku pada 2023/2024 saat Marjanovic hanya menjadi pemain cadangan untuk posisi center di Houston Rockets. Ia kalah saing dari Alperen Sengun dan Jock Landale.

2. Bogdan Bogdanovic punya peranan penting di Atlanta Hawks

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Bogdan Bogdanovic (nba.com)

Bogdan Bogdanovic memiliki peranan penting dalam 4 musim terakhirnya di Atlanta Hawks. Bogdanovic kerap dipercaya sebagai shooting guard utama karena memiliki kualitas yang mumpuni. Ia punya tembakan yang hebat serta playmaking di atas rata-rata. Bogdanovic juga bisa memecah kebuntuan saat Atlanta Hawks sulit mencetak poin dari Trae Young dan Dejounte Murray.

3. Nikola Jokic (Denver Nuggets) adalah superstar NBA saat ini

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Nikola Jokic (nba.com)

Bukan lagi menjadi rahasia jika Nikola Jokic adalah pemain berlabel bintang di NBA. Center Serbia ini bermain sangat baik dan menjadi tulang punggung utama Denver Nuggets dalam beberapa musim terakhir. Raihan 2 gelar NBA MVP dan 5 All-NBA Team menjadi buktinya. Ia juga menjadi aktor utama di balik keberhasilan Denver Nuggets meraih juara NBA 2023. Pada 2023/2024, Jokic masih konsisten mempertahankan permainan apiknya.

4. Nikola Jovic mulai mendapatkan tempat di skuad Miami Heat

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Nikola Jovic (nba.com)

Nikola Jovic mulai mendapatkan porsi dan tempat yang baik di skuad Miami Heat. Jovic sudah tak lagi bermain di G League dan memiliki menit bermain yang cukup untuk timnya pada 2023/2024. Akan tetapi, Jovic belum diplot sebagai power forward utama tim asal Florida itu. Ia masih menjadi pelapis dari Jimmy Butler yang pada musim ini sering menempati posisi power forward.

Baca Juga: Oklahoma City Thunder Melaju Mulus ke Playoff NBA 2023/2024

5. Vasilije Micic meledak bersama Charlotte Hornets

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Vasilije Micic (nba.com)

Musim 2023/2024 merupakan musim pertama Vasilije Micic di NBA. Ia pertama kali bergabung dengan Oklahoma City Thunder pada awal musim. Akan tetapi, Micic gagal bersinar di tim tersebut. Pada 8 Februari 2024, Micic ditukar ke Charlotte Hornets. Point guard andalan Timnas Serbia ini mampu meledak dengan menunjukkan peningkatan signifikan ketika berseragam Charlotte Hornets.

6. Tristan Vukcevic baru diberi kontrak oleh Washington Wizards pada pertengahan musim

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Tristan Vukcevic (euroleaguebasketball.net)

Sejatinya, Tristan Vukcevic terpilih pada NBA Draft 2023 dan bisa memulai kariernya di NBA pada awal musim 2023/2024. Akan tetapi, ia baru diberi kontrak oleh Washington Wizards pada 14 Maret 2024. Dengan hal tersebut, Vukcevic harus bekerja keras untuk mengikuti cara bermain Washington Wizards dan beradaptasi di NBA. Alhasil, Vukcevic belum bisa tampil sesuai harapan.

7. Filip Petrusev hanya bermain dalam tiga laga sebelum kembali ke EuroLeague

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Filip Petrusev (fiba.basketball)

Filip Petrusev dibawa Philadelphia 76ers ke NBA untuk musim 2023/2024. Akan tetapi, Petrusev sulit beradaptasi. Alhasil, ia ditukar ke Sacramento Kings pada 1 November 2023. Namun, Sacramento Kings juga tak membutuhkannya sehingga ia pun dilepas pada 24 November 2023. Petrusev sendiri hanya mencatat tiga pertandingan di NBA selama musim ini.

7. Aleksej Pokusevski dilepas Oklahoma City Thunder dan direkrut Charlotte Hornets

8 Pebasket Serbia yang Berkarier di NBA 2023/2024 Aleksej Pokusevski (eurohoops.net)

Aleksej Pokusevski dilepas Oklahoma City Thunder pada 23 Februari 2024 karena permainan yang tak kunjung berkembang. Lima hari berselang, Pokusevski direkrut oleh Charlotte Hornets. Ia pun mampu berkembang bersama tim asal North Carolina itu. Akan tetapi, Pokusevski perlu bekerja keras agar tak kehilangan ritme permainannya.

Regenerasi pebasket asal Serbia perlu diacungi jempol. Dari musim ke musim, selalu ada pebasket Serbia yang lahir dan disebut sebagai calon pemain bintang. Hal itulah yang membuat NBA tak pernah sepi dihuni oleh pemain dari negara pecahan Yugoslavia ini.

Baca Juga: 6 Guard yang Terpilih sebelum Rajon Rondo pada NBA Draft 2006

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya