7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023

Mayoritas absen karena cedera

FIBA World Cup 2023 diprediksi akan menjadi turnamen besar yang menghibur penggemar bola basket, khususnya di Jepang, Filipina, dan Indonesia. Pasalnya, ketiga negara tersebut menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket tahun ini. Namun, keseruan FIBA World Cup 2023 mendatang tampaknya kurang lengkap karena absennya beberapa pemain bintang.

Selain deretan superstar dari Amerika Serikat, beberapa bintang bola basket asal Eropa pun turut absen. Padahal, mereka merupakan pemain langganan yang biasa bermain untuk negaranya. Namun, karena berbagai alasan, pemain-pemain ini gagal tampil di Piala Dunia Basket.

Siapa sajakah pemain bintang Eropa yang absen di FIBA World Cup 2023?

1. Giannis Antetokounmpo memutuskan untuk mundur dari skuad Yunani

7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023Giannis Antetokounmpo tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Kehadiran Giannis Antetokounmpo bersama Timnas Yunani sebetulnya sangat dinanti di FIBA World Cup 2023. Akan tetapi, Antetokounmpo memutuskan untuk mundur karena alasan kelelahan. Melalui akun Twitter, sang pemain mengungkapkan dirinya akan beristirahat sejenak sambil terus mendukung negaranya. Padahal, Antetokounmpo sempat masuk ke dalam 22 nama yang dipilih Dimitrios Itoudis dalam proses seleksi.

2. Domantas Sabonis harus menepi selama 6 bulan

7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023Domantas Sabonis tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Domantas Sabonis mengalami cedera fraktur avulsi yang mengharuskannya absen selama 6 bulan. Oleh karena itu, ia terpaksa melewatkan kesempatan untuk membawa Timnas Lithuania berprestasi di FIBA World Cup 2023. Padahal, Sabonis merupakan pemain hebat yang menjadi bintang di negaranya. Kendati demikian, Kazys Maksvytis telah siap untuk menduetkan Jonas Valanciunas dan Donatas Motiejunas sebagai twin tower di timnya menggantikan Sabonis.

3. Goran Dragic ingin melihat pemain muda bersinar

7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023Goran Dragic (nba.com)

Goran Dragic memutuskan untuk tak membela Timnas Slovenia di FIBA World Cup 2023. Padahal, Dragic telah 16 tahun membela negaranya dan memimpin skuad dalam beberapa tahun terakhir. Ia mengambil keputusan itu untuk beristirahat dan memberikan kesempatan pemain yang lebih muda untuk bersinar.

Baca Juga: Profil Giannis Antetokounmpo, Kapten di NBA All Star 2023

4. Nikola Jokic akan beristirahat setelah menjadi juara NBA

7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023Nikola Jokic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Nikola Jokic memilih untuk beristirahat setelah membawa Denver Nuggets juara NBA 2022/2023. Keputusan ini tentu sangat mengecewakan bagi para penggemar bola basket, terutama penggemar Serbia. Pasalnya, Jokic merupakan pentolan Timnas Serbia yang diharapkan menjadi bintang di lapangan. Hal tersebut telah terbukti dari kiprah Jokic dalam beberapa turnamen terakhir.

5. Ricky Rubio akan vakum sejenak karena masalah kesehatan mental

7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023Ricky Rubio (nba.com)

Nama Ricky Rubio sempat tercantum dalam daftar 15 nama yang dibawa Sergio Scariolo ke FIBA World Cup 2023. Namun, ia memutuskan untuk mundur dan beristirahat sejenak dari dunia bola basket karena masalah kesehatan mental. Padahal, ia sangat diharapkan untuk menjadi playmaker utama Timnas Spanyol, juara bertahan di turnamen ini. Apalagi Rubio merupakan MVP Piala Dunia Basket sebelumnya.

6. Danilo Gallinari masih membutuhkan waktu untuk pemulihan

7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023Danilo Gallinari (nba.com)

Danilo Gallinari telah absen karena cedera sejak EuroBasket 2022 lalu. Ia pun tak membela Boston Celtics pada 2022/2023 dan harus beristrahat. Pada awalnya, Gallinari diprediksi bisa membela Timnas Italia di FIBA World Cup 2023 mendatang. Namun, proses penyembuhannya berjalan agak lambat sehingga memutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkan diri.

7. Kristaps Porzingis mengalami cedera menjelang FIBA World Cup 2023

7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023Kristaps Porzingis (nba.com)

Menjelang pengumuman akhir skuad Latvia untuk FIBA World Cup 2023, Kristaps Porzingis mengalami cedera kaki. Oleh karena itu, power forward Boston Celtics ini harus absen dan beristirahat setidaknya dalam 4--6 pekan ke depan. Padahal, Porzingis sempat masuk ke dalam daftar 24 nama yang dipilih pelatih Latvia, Luca Banchi.

Selain tujuh pemain ini, beberapa bintang Eropa lain turut absen. Sebut aja Kostas Sloukas, Nick Calathes, Vasilije Micic, Marc Gasol, dan Nemanja Bjelica. Namun, absennya para pemain bintang ini tak akan menghilangkan keseruan FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: Nikola Jokic, Sosok Serbia yang Bawa Denver Nuggets Terbang Tinggi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya