5 Pemain Oklahoma City Thunder yang Tampil di FIBA World Cup 2023

Shai tampil mentereng di Indonesia Arena!

NBA menjadi salah satu kompetisi yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke FIBA World Cup 2023. Kompetisi yang tersohor, ketat, serta berkualitas menjadi alasan banyak pemain NBA dibutuhkan oleh negara di FIBA World Cup 2023. Dari 30 tim yang ada, Oklahoma City Thunder menjadi salah satu penyumbang terbanyak.

Total ada 5 pemain Oklahoma City Thunder yang tersebar ke 3 tim berbeda di FIBA World Cup 2023. Uniknya, tak ada satu pun pemain yang membela Timnas Amerika Serikat. Lalu, siapa sajakah kelima nama yang dimaksud? Berikut inilah daftar dan ulasannya.

1. Josh Giddey jadi otak permainan Timnas Australia

5 Pemain Oklahoma City Thunder yang Tampil di FIBA World Cup 2023Josh Giddey (nba.com)

Dalam dua musim terakhir, Josh Giddey selalu menjadi otak dari permainan Oklahoma City Thunder. Hal tersebut ternyata berlaku ketika ia membela negaranya, Australia, di FIBA World Cup 2023. Bersama Boomerangs (julukan Timnas Basket Australia), Giddey tampil sangat cemerlang di fase grup.

Giddey telah mencatatkan total 57 poin, 22 assist, dan 15 rebound dari 86 menit bermain. Catatan tersebut didapat kala Australia bertemu dengan Jerman, Jepang, dan Finlandia. Berkat kontribusinya ini, Australia berhak lolos ke ronde kedua sebagai runner-up grup E.

2. Jack White belum bersinar

5 Pemain Oklahoma City Thunder yang Tampil di FIBA World Cup 2023Jack White (nba.com)

Jack White merupakan pemain baru Oklahoma City Thunder yang baru pindah dari Denver Nuggets. Pada FIBA World Cup 2023 ini, ia menjadi salah satu pemain yang dibawa Brian Goorjian ke Timnas Australia. Namun, perannya belum terlalu penting saat ini.

Pasalnya, White baru bermain dalam 25 menit dari 3 laga. Dalam kurun waktu tersebut, White hanya mencatat 9 poin, 5 rebound, dan 1 assist. Kendati demikian, White berkontribusi membawa Australia tampil hebat di grup E.

Baca Juga: Profil Dillon Brooks, Pebasket NBA yang Tokcer di FIBA World Cup 2023

3. Luguentz Dort hanya tampil satu laga di fase grup

5 Pemain Oklahoma City Thunder yang Tampil di FIBA World Cup 2023Lunguentz Dort (nba.com)

Lunguentz Dort memiliki peran yang cukup baik di Oklahoma City Thunder. Akan tetapi, hal tersebut belum ia lakukan untuk Timnas Kanada pada FIBA World Cup 2023. Pasalnya, Dort hanya bermain satu laga di fase grup.

Itu terjadi pada laga kontra Prancis di mana Dort mencetak 7 poin dan 5 rebound dari 23 menit. Pada pertandingan tersebut, Dort mengalami sedikit cedera sehingga absen pada laga kontra Lebanon dan Latvia. Kendati demikian, Dort telah disiapkan untuk menghadapi ronde kedua.

4. Shai Gilgeous-Alexander jadi pentolan Timnas Kanada

5 Pemain Oklahoma City Thunder yang Tampil di FIBA World Cup 2023Shai Gilgeous Alexander (nba.com)

Shai Gilgeous-Alexander sanggup memenuhi ekspektasi penggemar NBA untuk tampil hebat di Indonesia Arena. Guard andalan Oklahoma City Thunder ini tampil apik untuk membawa Kanada lolos sebagai juara grup H di atas Prancis, Latvia, dan Lebanon. Hal ini tak mengherankan jika melihat penampilannya di OKC.

Pada laga fase grup, Shai tampil cemerlang dengan mencetak 66 poin, 17 assist, dan 24 rebound. Itu dikumpulkan dalam 76 menit bermain. Catatan apik yang ditorehkan Shai sejauh ini membuatnya digadang-gadang sebagai calon MVP di FIBA World Cup 2023.

5. Davis Bertans pimpin Latvia

5 Pemain Oklahoma City Thunder yang Tampil di FIBA World Cup 2023Davis Bertans (fiba.basketball)

Davis Bertans baru menyandang status sebagai bagian dari Oklahoma City Thunder pada 6 Juli 2023. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini didapat dari Dallas Mavericks dari hasil pertukaran pemain. Bertans belum bermain di OKC karena musim pertamanya akan terjadi pada musim 2023/2024.

Pada gelaran FIBA World Cup 2023, Bertans dipercaya untuk memimpin Latvia. Ia menggantikan peran penting dari Kristaps Porzingis dan menggantikan peran kapten dari kakaknya, Dairis Bertans. Dengan catatan 32 poin, 4 assist, dan 2 rebound,, Bertans sukses membawa Latvia lolos ke ronde kedua sebagai runner-up grup H yang berisi Prancis, Lebanon, dan Kanada.

Usman Garuba yang bermain untuk Timnas Spanyol sebetulnya baru menjadi anggota tim Oklahoma City Thunder. Ia baru didapatkan dari hasil five team trade pada 8 Juli 2023. Namun, menjelang FIBA World Cup 2023 atau tepatnya pada 21 Agustus 2023, Garuba dilepas oleh OKC. Oleh karena itu, Garuba berstatus sebagai free agent saat ini.

Baca Juga: 9 Gaya Kece Shai Gilgeous-Alexander, Andalan Kanada di FIBA World Cup!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya